Liga Indonesia

Jejak Pemain Turkmenistan di Indonesia, Bisakah Artur Gevorkyan Sukses di Persib?

Sabtu, 20 April 2019 17:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Ilustrasi jejak pemain sepak bola Turkmenistan di Liga Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi jejak pemain sepak bola Turkmenistan di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah terdapat dua pemain Turkmenistan yang pernah bermain di Liga Indonesia sebelum kedatangan Artur Gevorkyan ke Persib Bandung dan berikut jejaknya.

Kedatangan Gevorkyan ke Persib dikabarkan langsung oleh manajemen di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (18/4/19).

Gevorkyan diharapkan bisa menjadi tandem yang pas buat striker asal Chad, Ezechiel N'Douassel, dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2019.

Bukan tanpa sebab manajemen Persib mendatangkan Artur. Karena pemain Turkmenistan ini telah banyak memiliki gelar individu maupun bersama klub sepanjang kariernya.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Artur Gevorkyan saat berlatih di Saraga ITB, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019) (Arif Rahman/INDOSPORT). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain anyar Persib Bandung, Artur Gevorkyan saat berlatih di Saraga ITB, Kota Bandung, Jumat (19/04/2019) (Arif Rahman/INDOSPORT).

Sehingga tajinya di lapangan akan dilihat langsung oleh publik. Apalagi Artur Gevorkyan juga menjadi pemain asal Turkmenistan pertama yang pernah direkrut oleh Persib.

Meski demikian, akankan pemain yang berposisi sebagai striker dan juga gelandang serang ini bisa sukses bersama Persib Bandung di Liga 1 2019? Mengingat usianya kini sudah 34 tahun.

1. Mekan Nasyrov

© ISTIMEWA
Mekan Nasyrov instruksi. Copyright: ISTIMEWAMantan kapten Barito Putera Mekan Nasyrov.

Sepanjang catatan yang ditelusuri INDOSPORT, pemain Turkmenistan pertama yang pernah berkiprah di Liga Indonesia adalah Mekan Nasyrov.

Mekan Nasyrov datang ke Indonesia usai resmi direkrut oleh Persik Kediri pada edisi 2009/10. Dirinya mampu tampil mengesankan pada musim tersebut.

Akan tetapi dibalik penampilan mumpuninya, Nasyrov tak bisa membawa Persik bertahan di Liga Super Indonesia (LSI) karena resmi degradasi usai finis di posisi ke-16.

Pasca degradasi, Nasyrov memilih bertahan di Persik. Namun usai putaran pertama berakhir, ia berselisih dengan pelatih Jaya Hartono karena tak kembali ke Indonesia dari Turkmenistan.

Pasca dilepas Persik, Nasyrov dikontrak oleh Persibo Bojonegoro selama semusim dan berhasil meraih gelar juara di Piala Indonesia 2012.

© The Jakarta Observer
Mantan pemain Persija Jakarta asal Turkmenistan Mekan Nasykov. Copyright: The Jakarta ObserverMantan pemain Persija Jakarta asal Turkmenistan Mekan Nasykov.

Selepas kisruh dualisme, kemampuan Nasykov membuat Barito Putera kepincut mengontraknya. Di awal musim 2013, ia mampu mengantarkan Barito Putera finis diurutan ke-6 dan menjadi kapten.

Pada 2014, Nasykov masih dipercaya Barito Putera. Akan tetapi kali ini Laskar Antasari hanya finis diurutan ke-7 wilayah barat dan tak lolos ke babak berikutnya.

Dua tahun berselang, Mekan Nasykov direkrut oleh Persija Jakarta untuk kompetisi Piala Bhayangkara. Tetapi Persija gagal lolos ke babak selanjutnya usai finis diperingkat empat Grup B dengan empat poin.

Semen Padang ikut merasakan jasa Mekan Nasykov pada 2016 untuk melakoni ajang Indonesia Soccer Championship (ISC). Namun didepak pada putaran kedua karena kemampuannya tak masuk skema pelatih.

Kini usai pensiun sebagai pesepak bola, Mekan Nasykov diketahui kini menjadi agen pemain-pemain asal Turkmenistan di level internasional.

2. Ahmet Atayew

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ahmet Atayev. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMantan pemain Arema FC asal Turkmenistan Ahmet Atayew.

Pemain Turkmenistan kedua yang pernah menjajal kompetisi Liga Indonesia adalah Ahmet Atayew. Ia memulai perjalanan di Indonesia pada musim 2017 lalu.

Atayew resmi bergabung dengan Arema FC untuk menjadi pengatur lini tengah. Selama 2017, dia sukses membawa Arema FC finis di peringkat ke-9 dengan 49 poin.

Pada 2018, Arema sempat mempercayakan Atayew kembali. Akan tetapi dirinya dilepas pada paruh kedua usai menjalani 25 laga dengan membukukan tiga gol.

Atayew pun akhirnya dipinang oleh Persela Lamongan utnuk menjalani sisa kompetisi musim lalu. Total enam penampilan telah dijalani sebelum dilepas pada pengujung Liga 1 2018.

© DB Asia News
Mantan pemain Persela Lamongan asal Turkmenistan Ahmet Atayev. Copyright: DB Asia NewsMantan pemain Persela Lamongan asal Turkmenistan Ahmet Atayew.

Kini kabar Atayew belum diketahui akankah sudah mendapat klub baru atau tidak. Namun estafet pemain Turkmenistan di Liga Indonesia berlanjut ke Gevorkyan.

Melihat kisah dua kompatriotnya, akankah Gevorkyan bisa sukses membawa Persib meraih prestasi tinggi di Liga 1 2019? Biar waktu yang akan menjawab.

Terus Ikuti Update Artur Gevorkyan dan SepakbBola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT