Liga Italia

Tanpa Ronaldo, Juventus Hanyalah Butiran Debu di Serie A Musim Ini

Sabtu, 20 April 2019 17:41 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Reuters
Selebrasi Cristiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Atletico Madrid Copyright: © Reuters
Selebrasi Cristiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Atletico Madrid

INDOSPORT. COM - Juventus sepatutnya sangat bersyukur dengan kehadiran Cristiano Ronaldo di skuatnya musim 2018/19 ini. Walau gagal membawa Si Nyoya Tua berjaya di Liga Champions, Ronaldo sejatinya mampu memberikan dampak yang sangat besar.

Banyak yang beranggapan kalau Ronaldo, yang sengaja dibeli Juventus pada bursa transfer Juni 2018 lalu, hanya untuk menjuarai kompetisi Liga Champions. Maklum saja, bila membicarakan ajang prestisius Eropa itu, CR7 jelas punya reputasi luar biasa.

Ronaldo sudah lima kali berhasil menngangkat trofi Si Kuping Besar. Kapten Timnas Portugal itu bahkan melakukannya bersama dua klub berbeda, yakni Manchester United (satu kali) dan Real Madrid (empat kali).

Legenda Juventus, Alessandro Del Piero, juga pernah membeberkan alasan mantan klubnya itu membeli Ronaldo. Menurut Del Piero, Ronaldo sengaja dibeli memang untuk memberikan magis bagi skuat Juventus di Liga Champions.

"Karena alasan itulah (Liga Champions) Juve membelinya. Dia adalah seorang juara yang sudah memenangkan gelar ini dan tahu bagaimana cara menjalani laga-laga sulit. Dia bermain bagus dan mencetak gol," ujar Del Piero usai Ronaldo mencetak hattrick sekaligus menjadi penentu kemenangan Juventus atas Atletico Madrid di babak 16 besar, seperti dikutip dari Marca. 

Jika Liga Champions menjadi target yang dibebankan kepada Ronaldo, hasilnya jelas kegagalan. Juventus tengah pekan lalu baru saja tersingkir setelah kalah dari Ajax Amsterdam di fase perempatfinal Liga Champions 2018/19.

Namun, kalau mau ditelisik lebih dalam lagi, peran kehadiran Ronaldo lebih dari sekedar Liga Champions saja. Ronaldo juga berhasil memberikan dampak nyata yang sangat apik kepada Juventus di ajang Serie A Italia.

1