Liga Indonesia

Bakal Cari Pelatih Baru, Jebolan Chelsea ini Bisa Jadi Alternatif Bagi PSM Makassar

Kamis, 25 April 2019 11:59 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© PSM Makassar
Jumpa pers Kaya FC vs PSM Makassar Piala AFC 2019. Copyright: © PSM Makassar
Jumpa pers Kaya FC vs PSM Makassar Piala AFC 2019.

INDOSPORT.COMPSM Makassar dikabarkan bakal mencari pelatih baru. Mantan pelatih fisik klub Liga Primer Inggris, Chelsea,  Julio Tous,  bisa jadi alternatif bagi klub sepak bola Indonesia berjuluk Juku Eja tersebut.

Sebelumnya PSM Makassar memang berencana mendatangkan pelatih fisik bersertifikat resmi. Manajemen PSM pun tak menampik akan adanya perubahan komposisi pada asisten pelatih jika dianggap terlalu gemuk.

Untuk posisi pelatih fisik selama ini PSM menggunakan jasa salah satu instruktur bernama Atos. Sayangnya, Atos belum memiliki lisensi atau sertifikat sebagai pelatih fisik sepak bola.

"Jadi memang ada syarat untuk pelatih fisik yang bersertifikat. Tapi nanti kita lihat siapa yang akan dipilih. Sebenarnya kita ada Atos tapi Mungkin karena prasyarat, sertifikasinya itu tidak ada untuk sepakbola," ujar Bos PSM Makassar, Munafri Arifuddin, Selasa (23/04/19).

Jika PSM memang berniat mendatangkan pelatih fisik baru jelang bergulirnya Liga 1 musim depan, ada satu nama yang cukup berpengalaman bahkan menuai prestasi mentereng di sepak bola Eropa, dan mungkin cocok bagi PSM.

Adalah Julio Tous, mantan pelatih fisik tim ternama Liga Primer Inggris Chelsea, yang saat ini masih belum mendapat klub baru untuk dilatih.

Sederet prestasi sukses diraih Julio Tous, diantaranya membawa Chelsea menjuarai Liga Primer Inggris musim 2016/17. Ia pun menjadi partner setia Antonio Conte saat masih di Juventus musim 2012 hingga 2014, dan di Timnas Italia pada 2014 lalu.

© scf.usc.edu
Julio Tous Saat melatih Chelsea Copyright: scf.usc.eduJulio Tous Saat melatih Chelsea

Dengan sejumlah pengalaman tampil di Eropa, tampaknya sosok Julio Tous sangat cocok bagi tim PSM Makassar yang memang banyak dihuni oleh pemain Eropa macam Marc Klok, Wiljan Pluim, dan Eero Markkanen.

Namun sayangnya, harapan untuk mendapatkan Julio Tous sedikit tertutup lantaran Bos PSM Makassar lebih memilih mencari pelatih fisik asal Indonesia.

"Kalau pelatih fisik itu orang lokal orang indonesia. Tapi intinya sampai saat ini saya belum pernah komunikasi ke siapapun," ucapnya.

Meski begitu, jika PSM berubah pikiran dan berniat mendatangkan pelatih kebugaran dari luar Indonesia musim depan, mungkin nama Julio Tous bisa menjadi rekomendasi paling atas untuk manajemen Juku Eja.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT