Liga Inggris

Hitung-hitungan Klub Liga Primer Inggris yang Lolos Liga Champions

Kamis, 25 April 2019 12:19 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM – Pertarungan di papan atas klasemen Liga Primer Inggris (Premier League) semakin memanas ketika hanya menyisakan tiga pertandingan lagi. Tak hanya perebutan juara, namun sejumlah klub masih bersaing ketat untuk mencuri tiket ke Liga Champions musim depan.

Saat ini Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea berada dalam empat besar. Empat tim teratas di Liga Primer Inggris ini nantinya bakal mendapatkan satu tempat di Liga Champions musim depan secara otomatis.

Namun dua tim terakhir yang disebutkan sebelumnya, masih belum dikatakan aman dalam perebutan tiket Liga Champions. Karena jarak antara peringkat 5 (Arsenal) dan 6 (Manchester United), terbilang tidak begitu jauh. Jarak poin mereka tak lebih dari 10 poin.

Artinya, peluang Arsenal dan Manchester United untuk mendapatkan zona empat besar masih sangat terbuka. Selain wajib menyapu bersih laga sisa dengan kemenangan, mereka juga harus berharap Chelsea dan Tottenham Hotspur menelan hasil buruk.

Namun sayangnya, Arsenal dan Manchester United tak mampu memanfaatkan peluang yang ada. Dua panji merah tersebut harus menelan kekalahan dalam dua pertandingan terakhir secara beruntun.

Situasi ini yang membuat posisi empat Arsenal digusur oleh Chelsea, yang hanya bermain imbang 2-2 saat berhadapan dengan Burnley. Kini Chelsea dan Arsenal hanya terpaut satu poin, setelah Meriam London dipaksa menyerah 1-3 atas Wolverhampton dini hari tadi.

© Getty Images
Man United vs Chelsea, Hazard mencoba merebut bola dari kakai Pogba. Copyright: Getty ImagesMan United vs Chelsea, Hazard mencoba merebut bola dari kakai Pogba.

Manchester United sendiri masih berpeluang menyingkirkan Chelsea dari zona Liga Champions. Karena Setan Merah bakal menghadapi Chelsea pada akhir pekan nanti di Old Trafford. Ini menjadi kesempatan yang bagus bagi Setan Merah untuk merusak posisi empat besar.

Jika anak asuh Ole Gunnar Solskjaer bisa meraih kemenangan atas Chelsea, maka mereka hanya tinggal berharap Arsenal gagal meraih poin pada pertandingan melawan Leicester City. Bila skema itu berjalan baik, maka Setan Merah bakal menempati posisi ke-4.

Jika melihat tiga pertandingan terakhir Arsenal, tim arahan Unai Emery tersebut tidak mendapatkan tantangan berat. Selain Leicester, mereka hanya berhadapan Brighton & Hove Albion dan Burnley.

© Warren Little/Getty Images
Para penggawa Arsenal tampak lesu tertinggal skor oleh Crystal Palace di Emirates Stadium, Senin 21/04/19. Warren Little/Getty Images Copyright: Warren Little/Getty ImagesPara penggawa Arsenal tampak lesu tertinggal skor oleh Crystal Palace di Emirates Stadium, Senin 21/04/19. Warren Little/Getty Images

Meski terlihat mudah, namun bukan berarti Arsenal bisa menyapu bersih tiga laga itu dengan kemenangan. Pasalnya, performa mereka terbilang sedang menurun. Kala menjamu Crystal Palace saja mereka dipaksa menyerah 2-3 dan kembali kalah 1-3 atas Wolverhampton.

Namun jika rencana itu tidak berjalan baik (yang artinya Arsenal berhasil menang dan Chelsea kalah atas MU), maka Meriam London bakal menempati posisi peringkat ke-4.

Sementara itu, posisi Tottenham Hotspur terbilang paling aman dibandingkan dengan empat tim lainnya. Karena klub yang baru memiliki markas anyar tersebut cukup tak tergoyahkan di peringkat ketiga sejak beberapa pekan lalu.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019