Liga Indonesia

Persib Wajib Tahu, Robert Rene Alberts Pernah Bentrok dengan Jebolan Liga Champions

Kamis, 25 April 2019 21:33 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Coro Mountana
© thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar Copyright: © thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar

.INDOSPORT.COM – Karier kepelatihan Robert Rene Alberts, yang tengah dirumorkan ke Persib Bandung, dapat dibilang sarat pengalaman di kancah sepak bola Asia. Robert telah menangani beberapa klub yang tersebar di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Robert tercatat pernah membawa Arema FC menjuarai Liga Indonesia di musim pertamanya di Indonesia pada 2009. Selain itu, pada musim 2013/14, ia pun membawa Sarawak promosi ke kompetisi kasta tertinggi, Liga Super Malaysia.

Selain memiliki sejumlah medali di lemari pialanya, Robert Rene Alberts juga sempat  memimpin klub yang harus melawan eks Liga Champions. Munculnya tren marquee player di Asia Tenggara pada era 2010-an menjadi penyebab dirinya harus melawan klub yang diperkuat pemain jebolan Liga Champions.

Berikut ini, INDOSPORT akan memberikan daftar tiga eks pemain Liga Champions yang pernah bersua dengan tim yang ditangani Albert.

1. Luciano Figueroa

© Istimewa
Luciano Figueroa saat berseragam Genoa. Copyright: IstimewaLuciano Figueroa saat berseragam Genoa.

Figueroa merupakan mantan pemain klub LaLiga Spanyol, Villarreal. Ia membela klub yellow Submarine tersebut pada musim 2005/06 bersama Diego Forlan dan Santi Cazorla. Dilansir dari situs Transfermarkt, ia mencicipi panasnya atmosfer Liga Champions sebanyak lima pertandingan pada musim yang sama.

Pemain Argentina tersebut membela Johor Darul Ta’zim (JDT) ketika Robert menangani Sarawak di Liga Super Malaysia musim 2014. Eks Genoa itu bersua anak asuh Albert dalam dua pertemuan dan mencetak satu gol pada laga pertama.

2. Bosko Balaban

Balaban merupakan eks klub Liga Primer Inggris, Aston Villa, pada musim 2001/02. Ia menjadi rekan setim Gareth Barry dan Peter Crouch kala itu. Pemain asal Kroasia ini juga pernah merasakan Liga Champions bersama klub asal Belgia, Club Brugge, pada 2005/06.

Mantan pemain timnas Kroasia itu lalu memperkuat Selangor yang sempat bertemu dengan Robert yang melatih Sarawak pada kompetisi Liga Super Malaysia musim 2012. Ia berhasil mencetak satu gol ke gawang anak asuh manajer asal Belanda tersebut.

3. Michael Essien

© Getty Images
Michael Essien saat masing berseragam Real Madrid. Copyright: Getty ImagesMichael Essien saat masing berseragam Real Madrid.

Eks Chelsea asal Ghana ini tidak perlu diragukan lagi prestasinya. Ia telah merengkuh dua gelar Liga Primer Inggris, tiga piala FA, dan satu Liga Champions. Ia juga membela negaranya di ajang Piala Dunia 2006 dan 2014.

Albert yang menangani PSM Makassar bertemu dengan Essien yang bermain untuk Persib Bandung. Dalam dua pertemuanmya di Liga 1 musim 2017, PSM mencatatkan sekali menang dan sekali kalah.

Essien sendiri mencatatkan satu assist ketika Persib Bandung kalah pada pertemuan kedua.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Ikuti Update Berita Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.