Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Persipura Jayapura, Ambisi Kembali ke Habitat Asli

Sabtu, 11 Mei 2019 09:05 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Abdurrahman Ranala
© persipurapapua1963/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Persipura Jayapura Liga 1 2019. Copyright: © persipurapapua1963/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Persipura Jayapura Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Liga 1 2019 akan melaksanakan kick off pada 15 Mei mendatang. Persipura Jayapura menjadi salah satu klub peserta. 

Persipura musim lalu hanya menempati posisi ke-12 klasemen akhir. Padahal, di Liga 1 2017 mereka berhasil finis di peringkat ke-5. 

Dalam dua musim terakhir, Boaz Solossa dkk. memang tampil agak angin-anginan. Persipura seolah seperti tim kuat yang kehilangan taringnya. 

Padahal Persipura sudah mengoleksi empat gelar juara di era Divisi Utama dan Liga Super Indonesia (LSI). Mereka pun diketahui berambisi untuk kembali ke 'habitatnya', yaitu papan atas dan meraih gelar juara. 

"Dengan perekrutan pemain yang sudah ada saat ini, Persipura ingin merebut kembali gelar juara, gelar jenderal sempurna, bintang lima," kata Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, kepada INDOSPORT

Dalam dunia militer, seorang jenderal dengan maksimal memiliki bintang empat, namun ada tiga orang jenderal yang memiliki bintang lima (Jenderal Besar), yaitu Soedirman, Abdul Haris Nasution, dan Soeharto. 

Persipura kini sudah mengoleksi empat bintang pertanda empat kali juara. Mereka butuh satu bintang lagi untuk menjadi 'Jenderal Besar' di kancah sepak bola Indonesia. 

Meski ditargetkan juara oleh manajemen, serta harapan masyarakat Papua yang sangat tinggi untuk kembali melihat Persipura juara. Pelatih Luciano Leandro menyebut masih terlalu dini bicara soal juara. 

"Kami akan tetap berusaha meraih hasil positif di Liga 1 2019, tetapi masih terlalu prematur untuk bicara target saat ini," kata Luciano. 

Persipura saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Magelang sebagai bentuk persiapan menuju Liga 1 2019. Mereka akan memulai kompetisi dengan bertandang ke markas Persib Bandung (18 Mei), kemudian Persela Lamongan (22 Mei) sesuai draft awal susulan jadwal Liga 1 2019. 

1