In-depth

Jalan Panjang Oxford United Bersama Erick Thohir ke Kasta Tertinggi Liga Inggris

Senin, 29 April 2019 17:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Erick Thohir jadi petinggi Oxford United Copyright: © INDOSPORT
Erick Thohir jadi petinggi Oxford United

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Inggris, Oxford United saat ini sudah dimiliki oleh dua pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Berikut perjalanan panjang Oxford United bersama Erick Thohir ke Liga Inggris.

Anin dan Erick Thohir pun menyampaikan target mereka bersama Oxford United, yang pastinya akan bermuara dengan bermain di kasta sepak bola tertinggi Inggris, Premier League.

"Kami bertekad akan mengantar Oxford melangkah ke Divisi Championship. Klub ini punya potensi besar, bahkan bisa sampai bermain di Premier League seperti Leicester City," ujar Anindya Bakrie di situs resmi klub.

Oxford United sendiri saat ini masih berlaga di Football League One (kasta ketiga sepak bola Inggris). Mereka saat ini berada di posisi ke-11 klasemen sementara musim 2018/19 ini.

Dari pernyataan Anin di situs resmi Oxford United, jelas bahwa nantinya klub ini bertujuan dibawa untuk berlaga di Liga Primer Inggris nantinya.

Namun, seperti yang sudah seharusnya disadari oleh Anin dan Erick Thohir saat mengakuisisi Oxford United, akan ada jalan yang begitu panjang nan terjal yang harus dihadapi untuk bisa berlaga di Liga Primer Inggris.

Berikut INDOSPORT berikan ulasan tentang jalan panjang Oxford United bersama Erick Thohir ke kasta tertinggi sepak bola Inggris, Liga Primer Inggris.

Football League One 2019/20

© oufc.co.uk
Oxford United saat melakukan selebrasi usai mencetak gol di pertandingan League One. Foto: oufc.co.uk Copyright: oufc.co.ukOxford United saat melakukan selebrasi usai mencetak gol di pertandingan League One. Foto: oufc.co.uk

Untuk musim 2018/19, peluang Oxford United memang tidak punya peluang lagi untuk promosi ke Divisi Championship 2019/20. Mereka saat ini berada di urutan ke-11 klasemen sementara League One.

Ya, Oxford United berada di peringkat ke-11 dengan raihan poin sementara 60 poin. Terpaut 10 poin dari posisi keenam, slot terakhir untuk mengikuti babak play-off promosi ke Divisi Championship 2019/20.

Perjalanan panjang Anin dan Erick Thohir bersama Oxford United akan dimulai pada saat musim baru Football League One 2019/20, yang kemungkinan akan kembali dimulai pada 3 Agustus 2019 mendatang.

Di kompetisi League One sendiri, Oxford United harus mengatasi persaingan dari tim-tim yang bisa disebut sudah sangat senior di sepak bola Inggris. Seperti Portsmouth, Sunderland atau Blackpool FC, ketiganya pernah merasakan Liga Primer Inggris.

Nah, pada League One 2019/20 nanti, seperti musim-musim sebelumnya, dua peringkat teratas akan langsung promosi ke Divisi Championship. Jika ingin pasti, Oxford United setidaknya harus runner-up di musim depan.

Sementara satu tim lagi yang promosi ke Divisi Championship, akan ditentukan melalui babak play-off promosi yang mempertemukan tim di peringkat ketiga sampai keenam.

Satu dari empat tim yang memenangkan babak play-off promosi itu akan melengkapi susunan tiga tim yang promosi ke Divisi Championship untuk musim 2020/21. Ini baru Divisi Championship, masih ada jalan panjang dan lebih terjal, simak di bawah ini.