Liga Inggris

Lebih Dukung Man City, dari Manakah Akar Kebencian Man United ke Liverpool?

Senin, 29 April 2019 14:59 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Benjamin Mendy melakukan selebrasi bersama Sergio Aguero, Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan Copyright: © INDOSPORT
Benjamin Mendy melakukan selebrasi bersama Sergio Aguero, Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan

INDOSPORT.COM – Hampir sebagian besar elemen Manchester United mendukung dan mengharapkan Manchester City untuk meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Dukungan itu tentunya bukan tanpa alasan.

Sebagian dari pendukung Manchester United tak ikhlas jika Liverpool menjadi juara pada musim ini. Satu-satunya tim yang bisa menjegal Liverpool adalah Si Biru Langit. Oleh karena itu dukungan penuh ke Manchester City datang di akhir musim ini.

Seperti yang sudah diketahui, Manchester City dan Liverpool menjadi kandidat terkuat untuk meraih gelar juara kasta teratas sepak bola Inggris. Keduanya berjuang matia-matian dalam dua laga tersisa.

Manchester City (92 poin) dan Liverpool (91 poin) sendiri hanya terpaut satu poin hingga pekan ke-36. Artinya, jika keduanya berhasil meraih kemenangan hingga akhir musim, otomatis juara Liga Primer Inggris akan diserahkan kepada Si Biru Langit.

Hasil imbang saja, sudah cukup menjadi malapetaka untuk dua tim teratas tersebut. Dengan begitu Liverpool sangat mengharapkan agar Manchester City melakukan sedikit kesalahan pada dua laga tersisa.

Lalu mengapa Manchester United justru mendukung Manchester City dalam pemburuan juara Liga Primer Inggris? Padahal, Manchester City merupakan rival sekota tim berjuluk Setan Merah tersebut.

© Catherine Ivill/Getty Images
Kegembiraan ditampakan oleh para pemain Man City setelah mencukur gundul Man United dengan skor 2-0 di Liga Primer Inggris di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill/Getty Images Copyright: Catherine Ivill/Getty ImagesKegembiraan ditampakan oleh para pemain Man City setelah mencukur gundul Man United dengan skor 2-0 di Liga Primer Inggris di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill/Getty Images

Alasannya adalah agar jumlah trofi Manchester United tak bisa dilampaui oleh tim yang saat ini diasuh Jurgen Klopp tersebut. Karena hanya Liverpool, klub yang paling mungkin menyamai atau melewati jumlah trofi Manchester United dalam waktu dekat ini.

Saat ini Liverpool telah mengumpulkan 18 gelar Liga Primer Inggris. Sedangkan Manchester United masih memegang rekor terbanyak dengan jumlah 20 trofi Liga Primer Inggris.

Jika Liverpool mampu memenangkan kompetisi pada musim ini, maka jumlah gelar mereka akan bertambah menjadi 19. Artinya, Liverpool hanya membutuhkan satu gelar lagi untuk menyamai rekor Manchester United.

Melihat situasi yang terjadi di kubu Manchester United, nampaknya akan sangat mustahil untuk menjauh dari kejaran Liverpool dalam urusan jumlah trofi. Mengingat Setan Merah sudah tidak lagi masuk dalam kandidat juara setelah Sir Alex Ferguson pensiun.

© Mike Hewitt/Getty Images
Selebrasi para pemain Liverpool usai Georginio Wijnaldum mencetak gol. Copyright: Mike Hewitt/Getty ImagesSelebrasi para pemain Liverpool usai Georginio Wijnaldum mencetak gol.

Oleh karena itu mereka rela mempersilakan rival abadi di kotanya, yakni Manchester City, untuk meraih gelar juara. Karena di mata Setan Merah, Manchester City merupakan ‘anak baru’ di kompetisi ini.

Manchester United tak pernah takut bersaing dengan Si Biru Langit dalam urusan jumlah gelar. Karena saat ini Manchester City baru mengoleksi lima gelar. Artinya, perlu lebih dari satu dekade atau bahkan dua dekade bagi Citizens untuk bisa menyamai rekor rival sekotanya itu.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT