Liga Indonesia

3 Pemain Belanda yang Bisa Direkrut PSM Makassar Jika Marc Klok Dinaturalisasi

Selasa, 30 April 2019 17:22 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indra Sena/Indosport.com
Pemain PSM Makassar, Marc Klok. Copyright: © Indra Sena/Indosport.com
Pemain PSM Makassar, Marc Klok.

INDOSPORT.COM – Apabila proses naturalisasi pemain milik klub sepak bola Indonesia PSM Makassar, Marc Klok, selesai sebelum memasuki kompetisi Liga 1 2019, tim Juku Eja akan mendapatkan keuntungan berlipat.

PSM Makassar bisa mendapatkan satu jatah pemain asing non-Asia yang ditinggalkan Klok. PSM akan berkesempatan untuk merekrut kembali pemain Belanda.

Dilansir dari situs Transfermarkt, terdapat beberapa pemain asal Belanda yang bisa direkrut secara gratis karena tidak  sedang memiliki klub.

Masuknya pemain Belanda akan dimudahkan oleh sosok Klok dan Wiljan Pluim mengingat keduanya bisa membantu proses adaptasi sang pemain baru.

Berikut ini, INDOSPORT akan memberikan tiga daftar nama pemain free agent berkebangsaan Belanda yang cocok untuk skuat Juku Eja.

1. Roland Alberg

© Icon Sportswire / Contributor / Getty Images
Roland Alberg Copyright: Icon Sportswire / Contributor / Getty ImagesRoland Alberg saat memperkuat Philadelphia Union.

Pemain dengan posisi gelandang serang tengah ini belum memiliki tim sejak keluar dari klub terakhirnya asal Yunani, Panionios. Sebelumnya, ia pernah bermain di Elazigspor (Turki), Philadelphia Union (Amerika Serikat), dan CSKA Sofia (Bulgaria).

Alberg yang masih berusia 29 tahun ini memiliki segudang pengalaman di kompetisi Eredivisie Belanda. Ia pernah menjadi pilar utama SBV Excelsior pada 2011/12 dan ADO Den Haag pada 2013/14 sampai 2015/16. Ia pernah mencetak gol ke gawang Feyenoord pada 2014. Kala itu, lini belakang Feyenoord digalang oleh pilar Inter Milan, Stefan de Vrij.

Ia memiliki harga yang sama dengan Marc Klok, yakni 450 ribu euro (sekitar Rp7,2 miliar). Meski terbilang mahal, kualitasnya sangat mumpuni untuk bermain di Liga 1. Ia akan bersaing tempat dengan salah satu gelandang serang PSM, Muhammad Arfan.

2. Xander Houtkoop

© Soccrates Images / Contributor / Getty Images
Xander Houtkoop saat memperkuat SC Cambuur Copyright: Soccrates Images / Contributor / Getty ImagesXander Houtkoop saat memperkuat SC Cambuur

Houtkoop merupakan pemain serba bisa di lini tengah. Ia menghabiskan banyak waktu dalam kariernya di Go Ahead Eagles dan SC Cambuur di kompetisi Eredivisie dan Eerste Divisie (divisi kedua liga sepak bola Belanda). Ia bisa menambal kekosongan di semua lini tengah apabila dilanda badai cedera.

Pemain berusia 30 tahun memiliki harga 150 ribu euro (setara 2,4 miliar rupiah). Untuk pemain serba bisa seperti Houtkoop, harga tersebut tidaklah mahal.

3. Michael Timisela

© VI-Images / Contributor / Getty Images
Michael Timisela saat membela VVV-Venlo Copyright: VI-Images / Contributor / Getty ImagesMichael Timisela saat membela VVV-Venlo

Timisela mampu bermain di berbagai posisi di lini belakang. Pemain berdarah Indonesia berusia 32 tahun ini belum kunjung bermain sejak musim 2017/18.

Ia pernah menjadi bagian dalam tim inti VVV Venlo pada 2007/08 hingga 2011/12 di kompetisi Eredivisie Belanda. Ia mencatatkan 122 penampilan bersama Venlo, dengan dua gol dan dua assists.

Setelahnya, ia sempat bermain untuk Hammarby IF di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Swedia dan Lillestrom (Norwegia).

Pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam ini memiliki banderol sebesar 75 ribu euro (setara 1,2 miliar rupiah). Harganya terbilang murah mengingat rata-rata harga pemain asing Liga 1 berada di atas 150 ribu euro (2,4 miliar rupiah)

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM