Bola Internasional

Ajax Amsterdam, Tim Semifinalis Paling 'Menderita' di Liga Champions 2018/19

Rabu, 1 Mei 2019 10:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Twitter @ChampionsLeague
Van de Beek melepaskan tembakan ke arah gawang Tottenham Hotspur dalam laga semifinal Liga Champions, Rabu (01/05/19). Copyright: © Twitter @ChampionsLeague
Van de Beek melepaskan tembakan ke arah gawang Tottenham Hotspur dalam laga semifinal Liga Champions, Rabu (01/05/19).

INDOSPORT.COMAjax Amsterdam, tim asal Belanda yang menjadi semifinalis paling 'menderita' ketimbang tiga klub lain di Liga Champions musim 2018/19 ini. Kenapa?

Pada semifinal Liga Champions musim 2018/19, empat klub dari tiga kompetisi tertinggi Eropa akan saling adu kekuatan demi meraih tiket ke partai puncak di stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada 1 Juni 2019 mendatang.

Pada Rabu (01/04/19) dini hari WIB, salah satu partai sengit di leg pertama semifinal telah berlangsung, yakni laga antara Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam di Tottenham Hotspur Stadium.

Laga tersebut berhasil dimenangkan oleh tim tamu Ajax Amsterdam dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dari Donny van de Beek pada menit ke-15 babak pertama berhasil membuat Ajax melangkahkan satu kakinya di final.

Namun, meski meraih kemenangan dan unggul agregat di leg pertama, tim Ajax bisa disebut kurang beruntung ketimbang tiga semifinalis lain di ajang Liga Champions musim 2018/19.

Pasalnya, Frenkie de Jong dan kolega harus menjalani laga lebih banyak ketimbang Liverpool, Barcelona ataupun Tottenham Hotspur.

Jika ketiga tim tersebut memulai perjuangan di Liga Champions 2018/19 dari fase grup, beda halnya dengan Ajax yang harus memulai dari babak kualifikasi kedua.

© Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images
David Neres menjebol gawang Juventus di awal babak kedua saat 8 besar Liga Champions 2019, Kamis (11/04/19), di Amsterdam Arena. Copyright: Eric Verhoeven/Soccrates/Getty ImagesDavid Neres menjebol gawang Juventus di awal babak kedua saat 8 besar Liga Champions 2019, Kamis (11/04/19), di Amsterdam Arena.

Hal itu dikarenakan Ajax cuma finis sebagai runner-up di Liga Belanda musim 2017/18 lalu. Sedangkan jatah lolos langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions untuk Eredivisie cuma diberikan untuk sang juara.

Ajax harus melakoni total 16 laga untuk sampai ke babak semifinal Liga Champions 2018/19 ini, sedangkan Liverpool, Barcelona ataupun Tottenham Hotspur cuma melakoni 10 laga.

Meski memulai laga dari babak kedua dan memainkan pertandingan lebih banyak, Ajax tampak tak kehabisan tenaga. Bahkan, mereka menjadi kuda hitam yang paling menakutkan usai menaklukan sejumlah raksasa Eropa.

Tercatat Real Madrid yang menjadi juara bertahan sukses mereka cukur 4-1 di Santiago Bernabeu, sementara Juventus yang diperkuat Cristiano Ronaldo berhasil dikandaskan di Turin lewat skor 2-1.

Tampaknya, bermain lebih banyak laga di Liga Champions membuat pemain muda Ajax lebih siap, dan imbasnya mereka mampu tampil impresif saat menghadapi tim-tim besar musim ini.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

1