Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Borneo FC, Percaya Diri Bersama Pelatih Baru

Minggu, 12 Mei 2019 21:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Borneo FC Liga 1 2019 Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Borneo FC Liga 1 2019

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia asal Kalimantan Timur, Borneo FC, punya kepercayaan diri tinggi untuk mengarungi Liga 1 2019. Hal itu tak terlepas dari kehadiran pelatih baru menjelang kick-off kompetisi.

Setelah gagal total di turnamen Piala Presiden 2019 bersama Fabio Lopez, manajemen Borneo mengalihkan kemudi klub ke tangan mantan pelatih Persib Bandung, Roberto Mario Carlos Gomez. Pelatih berambut putih itu langsung membawa dampak positif.

Terbukti ketika tim berjuluk Pesut Etam tersebut berhasil menumbangkan Persib di laga leg pertama perempat final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 dengan skor 2-1. Hasil itu membuat kepercayaan diri tim semakin bertambah untuk mengarungi Liga 1 2019.

Asisten pelatih Borneo FC, Charis Yulianto, mengakui dampak besar yang dibawa Gomez kepada para pemain. “Pasti sangat optimistis dan percaya Gomez bisa membawa tim ini jauh lebih baik lagi,” ujar Charis kepada INDOSPORT, Kamis (2/5/19).

Salah satu bek terbaik di tim nasional Indonesia era 2000-an tersebut bahkan salut dengan Gomez yang mampu memberikan warna baru hanya dalam waktu 10 hari. Tak mengherankan jika rasa optimistis menghampiri seluruh elemen Borneo.

© Internet
Charis Yulianto Copyright: InternetAsisten Pelatih Borneo FC, Charis Yulianto saat memainkan bola.

“Persiapan saat ini cukup bagus, kurang lebih ada waktu dua minggu lagi untuk mempersiapkan diri. Terlebih ada pergantian pelatih yang menambah semangat dan motivasi. Masuknya Gomez memang membuat kemajuan tim lebih bagus,” tambah Charis.

“Baru 10 hari Gomez sudah memberikan persiapan yang lebih bagus. Tak hanya sekedar strategi dan teknik, tapi di luar itu ada motivasi dan masukan kepada pemain untuk bisa menunjukkan karakter Borneo,” lanjut sang asisten.

Meski belum genap dua minggu menangani Borneo, Gomez sudah bisa membuat para pemain untuk beradaptasi cepat dengan skema baru yang ia terapkan. ini menjadi nilai tambahan Gomez sebagai seorang pelatih.

“Skema memang baru, tapi tidak sulit bagi para pemain untuk beradaptasi dalam mengaplikasikannya di pertandingan. Jadi, dari segi penyampaian dari Gomez sendiri tidak ada masalah,” tutupnya.

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Borneo FC akan melakoni pertandingan perdana Liga 1 2019 melawan Bhayangkara FC di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis (16/5/19).