Bola Internasional

Perjalanan Luar Biasa Karier Xavi, Legenda Barcelona yang Pensiun di Qatar

Jumat, 3 Mei 2019 20:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© pinterest.com
Xavi Hernandez, legenda Barcelona yang memilih untuk pensiun pada akhir musim 2018/19 usai menjajal sepak bola Qatar. Foto: pinterest.com Copyright: © pinterest.com
Xavi Hernandez, legenda Barcelona yang memilih untuk pensiun pada akhir musim 2018/19 usai menjajal sepak bola Qatar. Foto: pinterest.com

INDOSPORT.COM - Legenda Barcelona, Xavi Hernandez baru saja memutuskan pensiun dari karier profesional sebagai pemain sepak bola di akhir musim 2018/19.

Xavi, yang berusia 39 tahun akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu di klub Qatar, Al Sadd SC. Dia bermain untuk Al Sadd sejak meninggalkan Barcelona pada tahun 2015.

Berkarier profesional selama 21 tahun, Xavi nampaknya sudah cukup puas dengan berbagai gelar yang sudah didapatnya, baik itu 17 tahun bersama Barcelona atau empat tahun di Al Sadd.

Total selama 24 tahun berkarier, baik itu senior maupun junior, Xavi Hernandez sudah mengoleksi sebanyak 52 gelar, individual dan juga klub.

Dengan pensiunnya Xavi ini tentu membuat para pecinta sepak bola di seluruh penjuru dunia merasa kehilangan sosok gelandang yang piawai dalam melepaskan umpan-umpan akurat kepada penyerang.

Menarik, untuk mengetahui seperti apa perjalanan luar biasa karier Xavi, yang sudah jadi legenda di Barcelona dan pensiun di Qatar. Berikut INDOSPORT berikan kepada Anda.

Awal Mula Karier Xavi Hernandez

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESXavi Hernandez, legenda Barcelona yang memutuskan untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional.

Pria yang lahir pada tahun 1980 ini sudah menunjukkan bakatnya sejak usia dini. Bayangkan, usia 11 tahun, dia sudah terpilih untuk masuk skuat akademik terkenal Barcelona, La Masia.

Saat usianya 18 tahun, Xavi Hernandez pun langsung memainkan debutnya untuk skuat senior Barcelona pada LaLiga Spanyol musim 1998/99, tepatnya tanggal 18 Agustus 1998.

Sejak debutnya yang diyakini cukup memuaskan, Xavi pun langsung menjadi andalan untuk Barcelona di semua kompetisi. Total, sebelum pindah ke Qatar, dia sudah memainkan sebanyak 767 penampilan untuk Blaugrana.

Jumlah penampilan Xavi juga yang terbanyak dalam sepanjang sejarah Barcelona. Lionel Messi, superstar Barcelona saja, masih berjarak 100 laga dari jumlah penampilan Xavi.

Sejak debut bersama Barcelona, Xavi sudah dikenal karena kemampuannya memberi assist yang memanjakan para rekan setimnya dan julukan master of passing tidak heran tersemat di namanya.

Karena penampilannya yang apik di dua musim pertama bersama Barcelona, Xavi langsung mendapat panggilan dari Timnas senior Spanyol di tahun 2000. Hingga usai Piala Dunia 2014, Xavi baru memutuskan pensiun dari Timnas Spanyol.

Karier Xavi sangatlah luar biasa dengan ditandai berbagai gelar dan trofi dia menangkan secara individual dan juga untuk klub serta tim nasional negaranya. Berikut perjalanan karier Xavi dalam angka-angka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%