Liga Spanyol

Penjaga Gawangnya Ingin Hengkang, Barcelona Siap Cari Pengganti

Sabtu, 4 Mei 2019 20:04 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Jasper Cillessen ingin segera hengkang dari Camp Nou setelah kurang mendapatkan jam terbang. Copyright: © GettyImages
Jasper Cillessen ingin segera hengkang dari Camp Nou setelah kurang mendapatkan jam terbang.

INDOSPORT.COM – Barcelona akan bersiap mencari penjaga gawang baru pada jendela transfer musim 2019/20 mendatang. Pasalnya, Jasper Cillessen dilaporkan baru saja mengumumkan keinginannya hengkang dari Blaugrana dalam waktu dekat.

“Setelah musim 2018/19 ini berakhir, saya berharap akan ada klub yang mau menampung karena (saya) membutuhkan waktu bermain. Selama ini (di Barcelona), saya terlalu banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan,” ujar Cillessen dilansir dari situs sepak bola Fox Sports.

Pada musim 2018/19 ini, penjaga gawang Timnas Belanda ini tidak bermain sama sekali di LaLiga Spanyol. Ia hanya bermain di enam laga Copa del Rey dan satu pertandingan Liga Champions. Penampilannya di kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut hanya di laga terakhir fase grup melawan Tottenham, yang mana tidak lagi menemtukan kelolosan Blaugrana.

Sejak dibeli dari Ajax Amsterdam pada musim 2016/17 dengan harga 11,7 juta euro (186 miliar rupiah), ia hanya bermain dalam 28 penampilan. Performanya dapat dikatakan memenuhi ekspektasi dengan mencetak 13 clean sheets dan 19 kali kebobolan. Hanya saja, Cillessen kalah bersaing dengan penjaga gawang Barca asal Jerman, Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona sendiri akan segera mencari penggantinya dalam waktu dekat. Klub asuhan Ernesto Valverde itu diyakini telah memiliki tiga kandidat pengganti Cillessen, yakni Andre Onana (Ajax Amsterdam), Pau Lopez (Real Betis), dan Yann Sommer (Borussia Monchengladbach).

Onana baru saja memperpanjang kontrak di Ajax hingga Juni 2022. Jika Barca ingin mendatangkan kiper asal Kamerun ini, harganya terbilang mahal yakni sekitar 31,5 juta euro (setara 502 miliar rupiah). Namun, hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Onana telah akrab dengan Barcelona karena pernah menimba ilmu di sana sejak 2010 hingga 2015.

Selanjutnya, banderol untuk Pau Lopez hampir sama dengan Onana, yakni 30 juta euro (setara Rp477 miliar). Kemungkinan Barca merekrut Lopez sangat besar mengingat hubungan kedua klub yang sangat baik.

Sementara itu, Sommer yang telah berusia 30 tahun menjadi alternatif karena harganya yang lebih murah. Dilansir dari situs Transfermarkt, harga untuk mendatangkannya ialah sebesar 18 juta euro (287 miliar rupiah). Sommer sendiri menjadi kiper utama di klubnya dengan menggantikan posisi yang ditinggalkan ter-Stegen di Gladbach.

Ikuti Update Berita Sepak Bola LaLiga Spanyol Lainnya di INDOSPORT.COM