Liga Indonesia

Rene Alberts Datang, Febri Hariyadi Bakal Terancam di Persib?

Sabtu, 4 Mei 2019 12:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Rene Alberts dan Febri Hariyadi. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Rene Alberts dan Febri Hariyadi.

INDOSPORT.COMRobert Rene Alberts telah resmi menjadi pelatih Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2019 pada Jumat (03/05/19) kemarin. Dirinya akan menjalani tugas yang sebelumnya diemban Miljan Radovic.

Seperti yang diketahui, juru taktik berkebangsaan Montenegro tersebut memilih untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Persib sebelum Liga 1 2019 dimulai. Keputusan itu diambil ketika dirinya ingin mengikuti lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Kedatangan Rene Alberts sendiri nyatanya bisa memberikan warna baru, sekaligus merombak gaya permainan Persib dalam beberapa musim terakhir. Bukan tidak mungkin jika sang pelatih juga berani menyingkirkan nama-nama bintang di skuat Persib.

Salah satu bintang yang mungkin bisa terancam di skuat Persib adalah Febri Hariyadi. Mengapa Febri? Karena jika melihat dalam dua musim terakhir, Rene Alberts tidak mengandalkan pemain yang memiliki kecepatan di sisi sayap.

Meski sepak bola Indonesia yang ‘katanya’ identik dengan pemain-pemain cepat, namun Rene Alberts justru melakukan hal sebaliknya bersama PSM Makassar. Dirinya justru mengandalkan pemain berpostur tubuh tinggi yang gerakannya juga terbilang lamban.

© Media PSM Makassar
Wiljan Pluim berusaha lepas dari penjagaan Hilton Moreira, pada pekan ke-12 Liga 1 2018. Copyright: Media PSM MakassarWiljan Pluim berusaha lepas dari penjagaan Hilton Moreira, pada pekan ke-12 Liga 1 2018.

Itu terbukti ketika Rene Alberts mendatangkan Wiljan Pluim pada musim 2016 lalu. Namun siapa sangka jika pemain lamban tersebut mampu menjadi bintang sekaligus tumpuan PSM dalam dua musim terakhir di kompetisi Liga 1.

Meski memiliki M. Rachmat, namun nyatanya Rene Alberts tak selalu mengandalkan kecepatan sang pemain di sisi sayap. Hampir di setiap pertandingan pelatih asal Belanda tersebut justru bertumpu pada gelandang yang tidak memiliki kecepatan.

Melihat situasi tersebut bukan tidak mungkin jika posisi Febri akan terancam. Namun bukan berarti Febri akan dicoret atau dijual, paling tidak peran Febri akan sedikit dikurangi untuk membongkar pertahanan lawan dari sisi sayap melalui kecepatannya.

© Internet
Pemain Persib, Febri Hariyadi. Copyright: InternetPemain Persib, Febri Hariyadi saat berada di atas lapangan.

Terlebih Febri Hariyadi sendiri jarang memberikan kontribusi yang cukup nyata bagi Persib. Setelah lebih sering bermain untuk Timnas Indonesia pada 2018 lalu, Febri jarang sekali menjadi bintang lapangan bersama Persib.

Hadirnya Rene Alberts sendiri bukan hanya membawa ancaman bagi Febri, namun dirinya juga bisa menjadi penyelamat sang pemain. Karena dengan pengalamannya, Rene Alberts bisa saja kembali membuat Febri berkontribusi nyata di lini depan Persib.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT