Bola Internasional

Gagal di Piala AFC, Persija Raup Pemasukan Miliaran Rupiah

Selasa, 7 Mei 2019 22:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skenario agar Persija lolos dari fase grup Piala AFC 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skenario agar Persija lolos dari fase grup Piala AFC 2019.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta harus menerima fakta pahit usai gagal total di Piala AFC 2019. Hingga matchday kelima, Tim Macan Kemayoran terdampar di posisi ketiga dengan raihan empat poin. 

Persija menderita tiga kekalahan, satu seri, dan hanya meraih satu kemenangan sampai matchday kelima.

Namun begitu, Persija sejatinya tak rugi-rugi amat. Tercatat, Persija Jakarta sanggup mendapatkan pemasukan lebih hanya dari fase grup ini. 

Piala AFC 2019 memberikan subsidi dan hadiah yang cukup besar bagi pesertanya. Untuk tim juara, AFC mengganjar hadiah sebesar 1,5 juta dollar AS atau setara Rp21 miliar. 

Namun, bagi yang tidak juara tentunya tak perlu bersedih hati. Nyatanya, penyelenggara AFC Cup memberikan subsidi besar bagi tim peserta. 

Untuk tiap pertandingan away di fase grup, AFC Cup 2019 menggelontorkan subsidi pertandingan sebesar 40 ribu dollar AS atau senilai Rp570 juta. 

Itu artinya, secara total Persija Jakarta mendapatkan Rp120 ribu dollar atau setara Rp1,7 miliar untuk tiga pertandingan away di fase grup. 

Persija sebenarnya bisa mendapatkan pemasukan lebih besar andai saja sanggup menjuarai zona ASEAN. Bagi tim yang menjuarai zona ASEAN, penyelenggara menyediakan bonus sebesar 100 ribu dollar atau setara Rp1,4 miliar. 

Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa subsidi yang diterima ini bukanlah untung bersih yang didapat Persija. Pasalnya, subsidi ini akan terpakai tiap Persija menggelar laga away di fase grup. 

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM