Liga Champions

Liverpool vs Barcelona: Statistik 2 Opsi Pengganti Firmino-Salah yang Tak Kalah Bahaya

Selasa, 7 Mei 2019 15:21 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Salah, Firmino, Chamberlain. Copyright: © INDOSPORT
Salah, Firmino, Chamberlain.

INDOSPORT.COM - Liverpool dipastikan tanpa Roberto Firmino dan Mohamed Salah saat melawan Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (08/05/19) dini hari WIB.

Firmino dan Salah absen dalam pertandingan tersebut karena mengalami cedera. Firmino sudah absen sejak Liverpool melawan Newcastle United dalam lanjutan Premier League, Minggu (05/05/19) lalu. Sedangkan Salah, menderita cedera kepala di laga melawan Newcastle United.

Absennya Firmino dan Salah, membuat Jurgen Klopp pusing tujuh keliling. Pasalnya, di leg pertama, Liverpool harus kalah 0-3 dari Barcelona.

Maka dari itu, pada pertemuan kedua kali ini Liverpool harus mengejar defisit tiga gol jika ingin lolos ke babak final Liga Champions 2018/19. Klopp juga mengakui bahwa laga melawan Barcelona ini sangat berat. Meski demikian, kubu The Reds menegaskan akan mencoba melakukan misi di luar nalar ini.

"Dua striket terbaik (Firmino dan Salah) tidak bisa bermain dan kami perlu mencetak epat gol. Aku tahu bahwa ini tidak mudah, tetapi kita akan mencobanya," kata Klopp dikutip dari situs berita olahraga, Marca.

Meski sulit, Klopp masih memiliki dua opsi pemain pengganti untuk menambal peran Firmino dan Salah. Dua pemain itu yaitu Divock Origi dan Xherdan Shaqiri. Walau jarang diturunkan menjadi starter oleh Klopp, tapi dua pemain ini memiliki statistik yang cukup membanggakan.

1. Divock Origi

Mulai dari Origi, di musim ini ia hanya bermain sebanyak 11 kali di Premier League. Namun, pemain sepak bola asal Belgia ini sudah mencetak 3 gol dan satu assist.

Menariknya dua dari tiga gol yang dicetak Origi ini merupakan gol kemenangan Liverpool. Seperti yang kita ketahui, Origi mencetak gol di menit-menit akhir pada Derby Merseyside di Anfield 2 Desember 2018 silam.

Selain itu, Origi juga mencetak gol kemenangan bagi Liverpool saat melawan Newcastle United. Sehingga Origi merupakan pemain krusial meski jarang dimainkan.

2. Xherdan Shaqiri

Sementara itu, Xherdan Shaqiri lebih banyak bermain dibanding Origi yaitu sebanyak 24 kali. Akan tetapi, ia lebih sering turun sebagai pemain pengganti. Nah, dari 24 laga yang dimainkan Shaqiri di Premier League, ia sudah mencetak enam gol dan tiga assists.

Satu assist terakhir dibuatnya saat melawan Newcastle United. Ia melakukan eksekusi tendangan bebas yang kemudian disambut oleh Origi dan berbuah gol untuk kemenangan Liverpool.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Liga Champions lainnya di INDOSPORT.COM