Liga Indonesia

Mengintip Stadion Kapten I Wayan Dipta, Calon Markas Baru PSM Makassar di Piala AFC

Selasa, 7 Mei 2019 19:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© StadiumDB.com
Suasana stadion dari tribun penonton Copyright: © StadiumDB.com
Suasana stadion dari tribun penonton

INDOSPORT.COM - PSM Makassar yang dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFC zona ASEAN berencana menggunakan stadion baru atau alternatif pengganti Stadion Pakansari, yang selama babak penyisihan digunakan Marc Klok dkk.

Rencana penggunaan ini bertujuan untuk mendekatkan pertandingan PSM dengan para suporter.

Menurut bos PSM Makassar, Munafri Arifuddin jarak antara Makassar dengan Jakarta cukup jauh dan membutuhkan ongkos yang tinggi untuk para suporter. 

Adapun alternatif stadion baru mulai dipersiapkan PSM. Salah satunya adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Megah di Pulau Dewata

Stadion Kapten I Wayan Dipta merupakan stadion yang terletak di Gianyar, Bali. Markas dari klub Bali United ini kini menjelma menjadi stadion bertaraf internasional di Indonesia. 

Munculnya klub Bali United telah mengubah wajah stadion Kapten I wayan Dipta. Stadion Kapten I Wayan Dipta mengalami renovasi besar-besaran usai dikontrak oleh klub Bali United selama 20 tahun. 

Dulunya, stadion ini adalah markas dari klub lokal, Persegi Gianyar. Namun, di masa itu stadion ini terlihat kurang terawat dengan tribun yang tidak dicat dan tak memiliki single seat

Setelah Bali United mengontraknya tahun 2015, stadion yang dibuka tahun 2003 ini disulap menjadi lebih profesional dengan barisan single seat di tribun VIP serta cat yang mengelilingi tribun. 

Tambahan tribun pun dibangun di bagian selatan. Selain itu, rumput stadion juga mengalami perbaikan demi mengejar standar Liga 1. 

© Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Kunjungan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta. Copyright: Ronald Seger Prabowo/Indosport.comKunjungan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Kini, stadion kebanggaan Laskar Semeton Dewata itu memiliki kapasitas total 22.931 penonton. 

Tak hanya tribun dan lapangan bermain, stadion ini bahkan memiliki kafe serta merchandise store di dalamnya. Baru-baru ini, manajemen Bali United juga membangun playland alias tempat bermain anak. 

Tentu saja fasilitas itu dibangun demi kepentingan bisnis dari klub Bali United. 

Manajemen Bali United juga telah memasang LED Board di tepi lapangan demi menunjang modernitas. 

© PSM Makassar
Official Training PSM Makassar di Stadion I Wayan Dipta, Selasa (10/07/18). Copyright: PSM MakassarOfficial Training PSM Makassar di Stadion I Wayan Dipta, Selasa (10/07/18).

Menyambut Piala AFC 2018 lalu, renovasi dilakukan berupa perbaikan dan penambahan toilet serta meningkatkan kualitas penerangan lapangan. 

Dengan pengalaman menggelar Piala AFC 2018 lalu, stadion ini pun tak perlu diragukan lagi kualitasnya untuk menggelar laga semifinal zona ASEAN di Piala AFC 2019 nanti. 

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM