Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: PSM Makassar, Sudah Waktunya Berdiri di Puncak

Selasa, 14 Mei 2019 15:00 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Coro Mountana
© Grafis: Tim/Indosport.com
Profil Tim PSM Makassar Liga 1 2019. Grafis: Tim/Indosport.com Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Profil Tim PSM Makassar Liga 1 2019. Grafis: Tim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 akan segera dimulai dalam hitungan jam. Sebanyak 18 kontestan tengah bersiap demi memperebutkan lambang supremasi tertinggi di Indonesia, termasuk PSM Makassar.

Tim berjulukan Juku Eja ini merupakan salah raksasa yang sering disebut sebagai calon juara dalam percaturan Liga 1, terutama dalam dua musim terakhir. Teranyar di musim lalu, PSM nyaris menjadi juara andai tidak terpeleset menjelang klimaks kompetisi.

Melihat pencapaian musim lalu berupa posisi runner-up, rasanya sangat wajar bila PSM mencanangkan target yang lebih tinggi. Benar saja, target juara telah dipatok oleh CEO PSM Munafri Arifuddin atau yang biasa akrab disapa Appi.

© Muhammad Basri/INDOSPORT
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Copyright: Muhammad Basri/INDOSPORTCEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin.

"Harapannya mudah-mudahan di Liga 1 kami bisa meningkatkan prestasi yang telah diraih selama dua tahun berkiprah di liga ini. Artinya, setelah peringkat ketiga (2017) 3 dan runner-up (2018), kami butuh doa dan dukungannya untuk bisa menjadi juara tahun ini," jelas Appi saat launching tim pada Sabtu (4/5/19).

Masalahnya, target untuk menjuarai Liga 1 tidak serta merta jatuh dari langit dan PSM tampak benar-benar serius mempersiapkan tim di musim ini. Mulai dari pelatih hingga sejumlah pemain baru yang dapat menambal kelemahan musim lalu didatangkan.

Berdasarkan draft susulan yang telah disusun oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetsisi, PSM akan memulai perjuangan di Liga 1 2019 dengan menjamu Semen Padang pada Senin (20/5/19).

Laga pembuka yang dimainkan di kandang sendiri tentu memantik aura positif dari para kelompok suporter fanatik seperti The Maczman, RedGank, dan Laskar Ayam Jantan (LAJ). Mereka pasti berharap PSM mampu mengunci tiga poin perdana.

3