Liga Champions

Alisson, Messi-nya Kiper yang Jadi Saksi Kegagalan Barcelona Dua Musim Berturut-turut

Rabu, 8 Mei 2019 07:32 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Squawka
Alisson Becker sudah dua kali menyingkirkan Barcelona di Liga Champions, pertama bersama AS Roma di musim 2017/18 dan kedua bersama Liverpool di Anfield, Rabu (08/05/19) dini hari tadi. Copyright: © Squawka
Alisson Becker sudah dua kali menyingkirkan Barcelona di Liga Champions, pertama bersama AS Roma di musim 2017/18 dan kedua bersama Liverpool di Anfield, Rabu (08/05/19) dini hari tadi.

INDOSPORT.COM - Alisson Becker, yang disebut-sebut sebagai Messi-nya kiper menjadi saksi kegagalan Barcelona di Liga Champions dua musim berturut-turut.

Hasil pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions 2018/19 antara Liverpool vs Barcelona baru saja berakhir dengan skor 4-0, Rabu (08/05/19) dini hari WIB.

Laga Liverpool vs Barcelona yang berlangsung di Stadion Anfield tersebut, berjalan sangat menarik bahkan terjadi hujan gol sepanjang 90 menit pertandingan.

Babak pertama pun ditutup untuk keunggulan tuan rumah dengan skor tipis 1-0. Selepas jeda, Liverpool tak menurunkan tempo permainan dan berhasil mengurung pertahanan Barcelona.

Terus menekan, tiga gol tambahan akhirnya mampu dicetak Liverpool dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 4-0, yang membuat The Reds berhak tampil di partai final Liga Champions usai unggul aggregat 4-3.

Melihat jumlah gol yang diceploskan oleh para pemain Liverpool ke gawang Barcelona, jelas lini tengah ke lini depan bisa dibilang bermain sangat baik. Namun ada sosok spesial dari kemenangan Liverpool atas Barcelona ini.

Ialah Alisson Becker, penjaga gawang Liverpool yang sering disebut-sebut sebagai Messi-nya kiper. Sebutan ini muncul karena penampilan Alisson sejak dikenal oleh dunia sepak bola.

© mirror.co.uk
Alisson Becker di laga uji coba internasional Brasil vs Kroasia. Copyright: mirror.co.ukAlisson Becker di laga uji coba internasional Brasil vs Kroasia.

Mengawali karier bersama klub Brasil, Internacional sejak tahun 2013 nama Alisson mulai tercium oleh beberapa klub top Eropa. Hingga pada 2016, AS Roma menjadi klub beruntung mendapatkan tanda tangannya.

Tiga tahun di Internacional, Alisson ternyata sudah memiliki catatan apik. Dengan total 56 kali tampil dan hanya kebobolan 59 gol, serta 26 clean sheet di saat usianya masih 21 tahun.

Pindah ke Roma juga menjadi pintu untuk karier Alisson yang lebih gemilang di sepak bola Eropa. Dengan kemenangan Liverpool dini hari tadi, bahkan Alisson sudah terhitung dua kali menjadi saksi hidup kegagalan Barcelona.

Ya, bersama AS Roma ternyata Alisson pernah menjungkalkan Barcelona di kompetisi yang sama, Liga Champions. Yaitu di babak perempatfinal Liga Champions musim lalu.

Saat itu, AS Roma sudah menelan kekalahan 4-1 di leg pertama perempatfinal Liga Champions dari Barcelona di Camp Nou. Barulah pada leg kedua, AS Roma dan Alisson secara mengejutkan membalas dan menang 3-0.

© Getty Images
Alisson Becker saat masih berseragam AS Roma. Copyright: Getty ImagesAlisson Becker saat masih berseragam AS Roma.

Oleh karena itu, agregat pertandingan AS Roma vs Barcelona adalah 4-4 yang membuat Alisson cs saat itu berhak melenggang ke semifinal Liga Champions 2017/18 lalu. Roma unggul secara gol tandang dari Barcelona.

Dalam kemenangan 3-0 Roma atas Barcelona di Stadion Olimpico itu, Alisson punya peran penting dengan mencatat tiga penyelamatan dan satu clean sheet di ajang Liga Champions musim lalu.

Merasa semifinal Liga Champions 2017/18 lalu merupakan capaian paling maksimal bersama Roma, Alisson pun memutuskan untuk menerima pinangan Liverpool di musim panas 2018.

Keputusan pindah ke Anfield terasa benar saat melihat pertandingan Liverpool vs Barcelona dini hari tadi. Ya, Liverpool berhasil menyingkirkan Barcelona dan lolos ke final, tentunya tidak lepas dari penampilan apik Alisson.

Tampil di Anfield, Alisson membuat lima penyelamatan dan satu clean sheet dalam satu pertandingan Liga Champions musim ini. Bahkan situs Whoscored, memberikan nilai sebesar 8,5 untuk penampilan Alisson dini hari tadi.

Musim 2017/18 bersama Roma dan musim ini bersama Liverpool, membuat sebutan Messi-nya kiper pada Alisson semakin pantas. Kiper Timnas Brasil ini sudah dua kali menjadi saksi kegagalan Barcelona di Liga Champions.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT