Liga Champions

Deretan Comeback di Liga Champions Musim 2018/19

Rabu, 8 Mei 2019 10:26 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shaun Botterill /GettyImages
Seluruh skuat Liverpool dan jajaran pelatih menyanyikan You Will Never Walk Alone bersama para supporter. Copyright: © Shaun Botterill /GettyImages
Seluruh skuat Liverpool dan jajaran pelatih menyanyikan You Will Never Walk Alone bersama para supporter.

INDOSPORT.COM – Kesuksesan Liverpool mengalahkan Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions 2018/19 menjadi edisi comeback keempat di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa tersebut.

Berdasarkan Instagram akun @championsleague, sebelum Liverpool, setidaknya sudah ada tiga tim yang berhasil melakukan comeback fantastis di Liga Champions musim 2018/19 ini. Tiga tim sepak bola tersebut yaitu Manchester United, Ajax Amsterdam, dan Tottenham Hotspur.

Comeback fantastis pertama Liga Champions datang dari Manchester United. Sempat kalah 0-2 di Old Trafford lewat gol Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer sukses membalikkan keadaan di leg kedua yang diselenggarakan di Parc des Princes.

Brace gol Romelu Lukaku dan satu gol dari Marcus Rashford sukses membawa Setan Merah melaju ke babak perempatfinal setelah unggul jumlah gol tandang atas tim Ibu Kota Prancis. Sayang, langkah mereka harus terhenti di babak perempatfinal setelah kalah atas Barcelona.

Setelah Manchester United, kini giliran Ajax Amsterdam yang melakukan comeback fantastis. Kalah 1-2 atas Madrid di leg pertama babak 16 besar, pasukan Erik Ten Hag sukses membalaskan dendam di Santiago Bernabeu. Tak tanggung-tanggung, empat gol berhasil diceploskan De Ligt dkk. ke gawang Los Blancos.

Adapun empat gol tersebut masing-masing dilesakkan oleh Hakim Ziyech, David Neres, Dusan Tadic dan Lasse Schone. Sedangkan satu-satunya gol Madrid diciptakan oleh Marco Esensio.

Perfoma Ajax pun terus mengalami peningkatan yang signifikan usai comeback fantastis di Santiago Bernabeu. Teranyar, mereka sukses mengalahkan tim asuhan Mauricio Pochettino di leg pertama semifinal Liga Champions  2018/19 dengan skor 1-0 lewat gol semata wayang Donny van de Beek.

Kemenangan dramatis selanjutnya datang dari lawan Ajax di semifinal, Tottenham Hotspur. Sebelum berhasil melangkah ke babak semifinal, tim asuhan Pochettino sempat diprediksi bakal gagal melewati halauan Manchester City di babak perempatfinal, Christian Eriksen dkk. sukses membuktikan diri dan lolos ke babak semifinal.

Menang 1-0 atas Manchester City di leg pertama, Tottenham Hotspur berhasil melenggang ke babak semifinal setelah meskipun kalah 3-4 atas Manchester City di leg kedua. Unggul jumlah gol tandang pun membuat Tottenham berhak melaju ke babak selanjutnya. Kini, The Lilywhites harus menang di Amsterdam Arena jika ingin melaju ke partai final kompetisi teratas benua biru.

Melengkapi kemenangan dramatis terakhir adalah cerita comeback fantastis dari anak asuh Jurgen Klopp atas tim kuat LaLiga, Barcelona. Sempat kalah 0-3 di leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 di Camp Nou, The Reds sukses comeback fantastis di leg kedua.

Empat gol yang mereka ciptakan membawa mereka melaju ke partai final Liga Champions 2018/19 yang akan diselenggarakan di Madrid pada Minggu (02/06/19) mendatang.

Brace gol Divock Origi dan Georginio Wijnaldum sukses membawa Liverpool unggul agregat 4-3 atas Tim Catalan dan menobatkan mereka menjadi salah satu tim yang berhasil lolos ke babak selanjutnya meskipun sudah kalah 0-3 di pertandingan sebelumnya.

Liverpool selanjutnya akan menantang pemenang antara Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur di partai final Liga Champions 2018/19 di Madrid.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM