Liga Indonesia

Hitung Mundur Liga 1 2019: Mesin Gol Debutan, Siapa Suksesor Comvalius dan Rakic?

Jumat, 10 Mei 2019 12:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© [email protected]/rakic_a.9
Hitung mundur Liga 1 2019, mesin gol debutan siapa saja suksesor Comvalius dan Rakic. Foto: Instagram@sylvanocomvalius/rakic_a.9 Copyright: © Instagram@sylvanocomvalius/rakic_a.9
Hitung mundur Liga 1 2019, mesin gol debutan siapa saja suksesor Comvalius dan Rakic. Foto: [email protected]/rakic_a.9

INDOSPORT.COM - Dalam dua musim terakhir Sylvano Comvalius dan Alexandar Rakic menjadi mesin gol di Liga 1 padahal keduanya tercatat sebagai pemain asing debutan. Lantas untuk musim ini siapa yang kira-kira akan menjadi penerus keduanya?

Dua musim terakhir top skor akhir Liga 1 memang diisi oleh stiker asing. Bahkan jumlah gol yang mereka cetak bisa mencapai 20 atau lebih dalam semusim.

Seperti Sylvano Comvalius yang didatangkan Bali United dari klub Ukraina Stal Kamianske pada musim 2017. Dirinya menjadi striker tajam di tahun tersebut.

Dari 34 penampilan, Comvalius berhasil membukukan 37 gol. Jumlah tersebut berhasil melewati top skor pemain lokal Peri Sandria yang mencatatkan 34 gol.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius, penyerang baru Arema FC saat diwawancara wartawan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSylvano Comvalius, penyerang baru Arema FC saat diwawancara wartawan.

Debut yang berakhir manis juga dirasakan oleh Alexandar Rakic. Striker asal Yugoslavia direkrut PS TIRA dari tim India Chennai City di Liga 1 2018.

Rakic sempat berduel dengan striker Persebaya David da Silva (kala itu) dalam urusan daftar top skor. Hingga akhirnya Rakic memastikan diri usai membuat 21 gol dalam semusim.

Sebelumnya ada nama Oscar Aravena, striker asal Chile ini direkrut PSM Makassar pada Ligina 2003 dan langsung membuat 31 gol pada debutnya itu. Sekaligus menjadi top skor.

Meski demikian, Oscar Aravena sudah tak lagi bermain di Indonesia. Sedangkan Comvalius dan Rakic masih akan bertarung di Liga 1 2019.

© Fitra Herdian/Indosport.com
Selebrasi pemain Madura United, Aleksandar Rakic usai menjebol gawang Persebaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comSelebrasi pemain Madura United, Aleksandar Rakic usai menjebol gawang Persebaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com

Keduanya akan mengulang kejayaan dalam menjadi top skor Liga 1. Namun perjuangan untuk urusan mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak, keduanya bisa saja dapat saingan.

Sebab jelang bergulirnya musim 2019 ini, beberapa klub telah merekrut striker asing baru sekaligus menjadi debutan di dunia sepak bola Indonesia.

Sebut saja beberapa nama seperti Rafael Silva (Barito Putera), Amido Balde (Amido Balde), Torres (Perseru Badak Lampung), Claudir (PSIS Semarang, Eero Markkanen (PSM Makassar), dan Karl Max Barthelemy (Semen Padang) dapat menjadi ancaman.

Apalagi Amido Balde yang pada ajang Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 telah mengemas 10 gol. Bahkan di Piala Presiden 2019, Amido Balde bisa membuat empat gol.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Amido Balde melakukan selebrasi dan disusul oleh rekan satu tmnya Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTAmido Balde melakukan selebrasi dan disusul oleh rekan satu tmnya.

Kendati begitu dua ajang tadi tidak begitu ketat atau panas seperti Liga 1. Maka dari itu mari ditunggu saja siapa yang akan keluar sebagai top skor Liga 1.

Akankah striker lokal kembali bisa berjaya sebagai pencetak gol terbanyak. Atau kembali dijajah oleh para penyerang asing debutan?

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%