Bola Internasional

3 Fakta Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia yang Berlaga di Serie A Italia

Minggu, 12 Mei 2019 16:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© instagram.com/thomhaye
Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia di Lecce Copyright: © instagram.com/thomhaye
Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia di Lecce

INDOSPORT.COM – Potensi muda sepak bola Indonesia kian mencuri perhatian dunia dalam beberapa waktu terakhir. Kali ini giliran pemain keturunan dari Sulawesi Utara yang mampu unjuk gigi di Serie A musim 2019, yakni Thom Haye.

Gelandang 24 tahun tersebut memiliki darah Indonesia dari sang ayah, di mana kakeknya merupakan orang asli Indonesia, sementara ia sendiri memiliki kewarganegaraan Belanda, dan bermain untuk klub Lecce di Serie B Italia.

Nama Thom Haye memang kurang familiar di Indonesia, namun ia aalah bagain dari Timnas Belanda junior, baik dalam kelompok usia U-15 hingga U-21. Di sepanjang kariernya, pemain kelahiran tahun 1995 itu pernah memperkuat klub AZ dan Willem II di Liga Belanda, sebelum kemudian hijrah ke Italia.

Prestasinya dalam membawa Lecce promosi ke Serie A Italia semakin menambah fakta-fakta menarik tentang Thom Haye. Berikut portal media olahraga INDOSPORT merangkum 3 fakta memukau tentang sang pemain.

1. Diincar PSSI untuk Naturalisasi

Demam naturalisasi memang tengah melanda dunia sepak bola Tanah Air. Namun khusus bagi Thom Haye, sejatinya  PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengincarnya sejak lama, bahkan sejak tahun 2017 lalu.

Thom Haye merupakan rekan Sandy Walsh, pemain keturunan Indonesia yang juga bersama-sama memperkuat Timnas Belanda U-20. Karier junior Thom Haye juga cukup baik, hingga Menpora Imam Nahrawi tak ragu untuk menawarkan proses naturalisasi untuknya saat itu.

Sayangnya meski Thom Haye sempat menunjukkan minatnya untuk menjadi WNI, namun kini ia masih berjuang untuk memperkuat Timnas Belanda.

2. Loloskan Belanda U-19 ke Piala Eropa

Thom Haye dan Sandy Walsh bersama-sama membantu Timnas Belanda U-19 lolos kualifikasi dan melaju ke ajang Piala Eropa 2013 lalu. Ia juga berkontribusi menyumbangkan 2 gol untuk Timnas Belanda U-19.

Hingga tahun 2015, Thom Haye masih menjadi bagian dari Timnas Belanda U-21, sebelum akhirnya ia menandatangani kontrak berdurasi 2 musim bersama Lecce di Italia.

3. Perkuat Lecce hingga Promosi ke Serie A

Tahun 2018, Thom Haye memilih untuk melebarkan sayapnya ke luar negeri, tepatnya ke Serie B dan memperkuat Lecce. Hanya butuh waktu satu musim bagi Thom Haye untuk membawa timnya juara liga kasta kedua Italia dan promosi ke Serie A.

Sayangnya meski sukses naik kasta, sang pemain masih belum dipastikan bertahan dengan klub yang bermarkas di Stadio Via del Mare itu, lantaran kerap kali hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Sport Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%