Liga Inggris

Trent Alexander-Arnold, Ketika Liverpool Akhirnya Punya Kebanggaan Kota Lagi

Minggu, 12 Mei 2019 15:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty Images
Trent Alexander-Arnold pada laga melawan Barcelona di Anfield 07/05/19. Quality Sport Images/Getty Images Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty Images
Trent Alexander-Arnold pada laga melawan Barcelona di Anfield 07/05/19. Quality Sport Images/Getty Images

INDOSPORT.COM – Klub papan atas Liga Primer Inggris, Liverpool nyatanya harus beruntung memiliki sosok Trent Alexander-Arnold di dalam skuatnya dalam dua musim terakhir. Karena ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Liverpool.

Karena Alexander-Arnold menjadi pemain asli Liverpool pertama sejak tahun 1989, yang berhasil menjadi pilar utama di skuat The Reds. Sebelumnya, pemain kelahiran Liverpool yang mampu menjadi tumpuan utama The Reds adalah John Aldridge.

Aldridge mampu mengumpulkan 58 gol dan 17 assist dari 96 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool. Bahkan kehadirannya di lini serang Liverpool membuat Ian Rush sedikit kesulitan mendapatkan tempat utama setelah kembali bergabung pada 1988 silam.

Seperti yang diketahui, Ian Rush sempat hijrah ke Serie A Italia untuk memperkuat Juventus selama dua musim, yakni 1986-1988. Namun setelah Aldridge dilepas ke Tranmere Rovers, Ian Rush kembali menjadi tumpuan di lini serang Liverpool setidaknya hingga tahun 1996.

Setelah kepergian Aldridge, The Reds punya sosok Steven Gerrard dan Jamie Carragher. Dua legenda hidup yang juga merupakan jebolan akademi Liverpool itu sukses meraih gelar Liga Champions pada musim 2004/05 silam.

© INDOSPORT
Steven Gerrard saat berseragam Liverpool Copyright: INDOSPORTSteven Gerrard saat berseragam Liverpool.

Namun setelah keduanya pergi, The Reds sulit menemukan sosok pemain kebanggaan Kota Liverpool. Terakhir, ada nama Jon Flanagan dan Jordan Rossiter. Namun dua pemain kelahiran Liverpool itu tak mampu menampilkan permainan terbaiknya.

Flanagan sempat digadang-gadang bakal menjadi tumpuan bagi Liverpool di masa mendatang. Namun riwayat cedera panjang yang ia miliki membuat dirinya tak lagi mendapatkan kontrak dari manajemen Liverpool.

Sama halnya dengan Flanagan, Rossiter juga sempat mengalami cedera parah. Terlebih, Liverpool juga memiliki gelandang-gelandang senior yang tak mungkin tergantikan seperti Steven Gerrard, Jordan Henderson hingga James Milner. Wajar jika ia tak mendapatkan kesempatan bermain.

© INDOSPORT
Trent Alexander-Arnold. Copyright: INDOSPORTTrent Alexander-Arnold saat beraksi di Liga Champions.

Melihat catatan dua pemain tersebut, tentu membuat pendukung-pendukung tradisional Liverpool sedikit kecewa. Karena mereka tentunya menginginkan sosok ‘putra daerah’ yang mampu menjadi bintang di skuat Liverpool.

Kini, muncul sosok Alexander-Arnold yang bisa membuat seluruh penggemar tradisional Liverpool bangga. Apalagi, pemain Timnas Inggris tersebut juga merupakan hasil dari akademi asli Liverpool.

Seperti yang diketahui, Alexander-Arnold merupakan pemain yang sangat berperan penting di sisi kanan pertahanan Liverpool. Salah satu bukti kehebatannya, ia mampu menghidupkan kembali sayap kanan Liverpool saat membantai Barcelona 4-0 di Liga Champions.

Entah kebetulan atau tidak, kekalahan telak 0-3 atas Barcelona yang dirasakan Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions itu terjadi ketika Alexander-Arnold absen. Posisinya digantikan Joe Gomez, yang akhirnya membuat sisi kanan Liverpool mati gaya.

Alexander-Arnold sendiri saat ini telah dipercaya untuk memainkan 38 pertandingan di setiap ajang musim 2018/19 ini. Pemain yang masih berusia 20 tahun tersebut berhasil mengemas 1 gol dan 15 assist sepanjang musim ini.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT