Bola Internasional

Mengenal Brest, Klub yang Mengasah Franck Ribery, Kembali ke Ligue 1

Senin, 13 Mei 2019 17:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© france3-regions.francetvinfo.fr
Stade Brestois promosi ke Ligue 1. Copyright: © france3-regions.francetvinfo.fr
Stade Brestois promosi ke Ligue 1.

INDOSPORT.COM - Stade Brestois 29 menyusul FC Metz promosi ke Ligue 1, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Prancis.

Klub yang lebih dikenal dengan nama Brest itu memastikan lolos ke Ligue 1 usai menang 3-0 atas Niort. Kemenangan tersebut mengantarkan Brest ke posisi kedua Ligue 2 dengan raihan 74 angka. 

Nama Brest memang kurang akrab di telinga pecinta sepak bola dunia. Maklum, selain main di Prancis, mereka juga cukup sering berkutat di divisi bawah. 

Brest tercatat terakhir kali bermain di Ligue 1 tahun 2013 lalu. Semenjak itu, mereka belum lagi naik kasta. 

Stade Brestois 29 merupakan klub yang berasal dari kota kecil bernama Brest, yang terletak di sebelah barat Prancis. Klub ini didirikan tahun 1903 dan bermarkas di Stadion Francis-Le Ble.  

Brest sejatinya cukup sering jadi langganan di Ligue 1, terutama pada dekade 80-an dan awal 90-an. Namun selepas itu mereka tenggelam di Ligue 2 dan baru promosi lagi tahun 2010. 

Bermodal 26 pemain, skuat Brest musim ini secara mengejutkan mampu menyodok ke posisi runner-up Ligue 2. Brest mengumpulkan 74 poin hasil dari 21 menang, 11 seri, dan 5 kali kalah.

Adalah Gaetan Charbonnier sosok pemain yang berperan besar terhadap kesuksesan Brest. Striker 30 tahun asal Prancis itu mampu mencetak 24 gol dan 8 assist dari 33 penampilan di liga musim ini. 

Berdasarkan informasi dari situs Transfermarkt, Brest terbilang tim dengan keuangan minim. 

Musim ini saja pemain dengan nilai pasar termahal tak lebih dari 1,35 juta pound. Secara total, mereka hanya memiliki nilai pasar 15, 71 juta pound. 

Mantan Klub Ribery

Walau kurang terkenal, klub ini ternyata pernah punya sejumlah pemain bintang yang awal kariernya dibangun bersama Brest. Beberapa nama populer ialah David Ginola, Paul Le Guen, dan Franck Ribery.

Pada musim 2003/04 lalu, Frank Ribery pernah main di klub Brest. Saat itu, Brest masih berkompetisi di liga kasta ketiga Prancis, Championnat National.

Pada musim tersebut, Ribery tampil sebagai pemain inti dengan main sebanyak 35 kali dan mencetak tiga gol. Dia menjadi salah satu alasan penting Brest mengakhiri 2003/04 di posisi kedua dan meraih tiket promosi ke Ligue 2 Prancis.

Terus Ikuti Perkembangan Ligue 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%