Liga Inggris

Penantian 240 Purnama Untuk Melihat Gelar Top Skorer Liga Primer Inggris

Senin, 13 Mei 2019 14:39 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images/Julian Finney
Sadio Mane dan Mohamed Salah, dua dari tiga pemain peraih top skorer Liga Primer Inggris 2018/19. Copyright: © Getty Images/Julian Finney
Sadio Mane dan Mohamed Salah, dua dari tiga pemain peraih top skorer Liga Primer Inggris 2018/19.

INDOSPORT.COM – Pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris 2018/19 diraih oleh trio Afrika yakni Mohamed Salah (Liverpool), Sadio Mane (Liverpool), dan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal). Tiga top skorer ini terakhir kali terjadi pada 20 musim silam (1998/99), atau dapat dikatakan 240 purnama yang lalu.

Hal tersebut dipastikan setelah Mane dan Aubameyang mencetak dua gol pada laga pekan terakhir kemarin (12/5/19). Mane memborong semua gol Liverpool dalam kemenangan 2-0 atas Wolverhampton Wanderers. Sedangkan Aubameyang mencetaknya ke gawang Burnley dan unggul dengan skor 3-1.

Setelah laga masing-masing klub, Mane dan Salah mendapat sambutan meriah ketika keduanya menerima trofi sepatu emas di Anfield. Hal tersebut juga dirasakan Aubameyang meski The Gunners bertandang ke markas Burnley di Turf Moor.

Bagi Salah, gelar top skorer musim 2018/19 ini merupakan yang kedua kalinya secara beruntun. Pada musim 2017/18 lalu, ia mencetak 32 gol yang membawanya membawa pulang trofi sepatu emas.

Sementara itu, pada musim 1998/99, top skorer Liga Primer Inggris diraih oleh Jimmy Floyd Hasselbaink (Leeds United), Michael Owen (Liverpool), dan Dwight Yorke (Manchester United) dengan torehan 18 gol. Yorke sendiri bersama The Red Devils pada musim tersebut berhasil merengkuh gelar liga.

Uniknya, semusim sebelumnya, top skorer kompetisi kasta teratas sepak bola Inggris itu juga diraih oleh tiga pemain. Mereka adalah Owen (Liverpool), Dion Dublin (Coventry City), dan Chris Sutton (Blackburn Rovers) yang juga mencetak 18 gol.

Hingga musim 2017/18 lalu, hampir semua peraih gelar top skorer hanya jatuh pada satu pemain. Musim 2010/11 menjadi pengecualian ketika Dimitar Berbatov (Manchester United) dan Carlos Tevez (Manchester City) berbagi gelar sepatu emas dengan torehan 20 golnya sepanjang musim tersebut.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Primer Inggris Lainnya di INDOSPORT.COM