Bola Internasional

Bukan Persib, Ini Jersey Sepak Bola dengan Sponsor Terbanyak di Dunia

Rabu, 15 Mei 2019 03:09 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© ADCFUTBOL
50 Sponsor dalam satu jersey Asociacion Deportiva Centenario. Copyright: © ADCFUTBOL
50 Sponsor dalam satu jersey Asociacion Deportiva Centenario.

INDOSPORT.COM - Bukan Persib Bandung, inilah klub sepak bola dengan sponsor terbanyak di dunia dan jelas terpampang di jersey mereka. Klub manakah itu?

Persib Bandung memang menjadi bahan perbincangan media sosial belakangan ini, terlebih saat salah satu akun media sosial mengomentari jersey terbaru Maung Bandung yang dianggap terlalu banyak menampilkan sponsor.

Adalah akun twitter bernama @chonburi_fc yang mengunggah cuitan dengan nada ejekan kepada jersey baru Persib. "Jersey baru Persib. Saya pernah membaca novel yang lebih sedikit kalimatnya dibandingkan ini," tulisnya.

Jersey Persib Bandung musim ini memang terbilang cukup 'mewah' dari segi sponsor, tercatat ada 14 slot sponsor yang terpampang dan terdiri dari berbagai perusahaan, menjadikan mereka sebagai kostum dengan iklan terbanyak kedua Liga 1 di bawah Bali United (16 slot sponsor di jersey musim depan).

Namun sejarah mencatat bukan Persib Bandung atau Bali United yang memegang rekor sebagai jersey sepak bola dengan slot sponsor terbanyak, melainkan sebuah klub di Amerika Selatan yang memasang 50 sponsor di baju mereka.

Asociacion Deportiva Centenario, klub yang tampil di Divisi Torneo Argentino C atau kasta kelima Liga Argentina ini memasang total 50 sponsor dalam jersey mereka tahun 2017 lalu.

Sebuah terobosan yang mungkin tak pernah dimiliki klub lain di dunia sepakbola. Banyaknya sponsor di jersey klub Centenario ini bukanlah hal baru, sebab di musim 2016 lalu, mereka juga memamerkan total 34 sponsor berbeda di jersey kebanggaanya.

Menariknya jika sebagian klub besar mewajibkan para sponsor untuk memberi bantuan finansial, Deportiva Centenario bersedia melakukan barter dengan perusaahaan yang ingin tampil di bagian jersey klub sebagai ganti pembayaran.

“Setiap perusahaan membayar semampu mereka. Beberapa sponsor melakukan barter dan bukan uang. Sebagai contoh, kami menerima sepeda motor yang bisa membantu kami berkeliling stadion untuk menjual tiket pertandingan,” ucap Presiden Centenario saat itu, Gustavo Gomez kepada media lokal, LM Neuquen.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%