Liga Inggris

Derby County: Tim Terburuk Liga Primer Inggris yang Pernah Tertawa di Liga Champions

Jumat, 17 Mei 2019 19:19 WIB
Editor: Coro Mountana
© Football Crest Index
Logo Derby County. Copyright: © Football Crest Index
Logo Derby County.

INDOSPORT.COM – Derby County selangkah lagi bakal mendapatkan tiket promosi ke Liga Primer Inggris asal mampu mengalahkan Aston Villa di final play-off pada Senin (27/05/19) waktu setempat di Stadion Wembley, London, Inggris.

Tim yang diasuh oleh legenda hidup Chelsea, Frank Lampard berhasil melangkah ke babak final setelah mampu mengalahkan Leeds United di semifinal dengan agregat 4-3.

Dengan keberhasilan mencapai babak final, itu artinya tinggal selangkah lagi untuk Derby County bermain di Liga Primer Inggris.

Bagi anda kids zaman now, mungkin nama Derby County terdengar asing di telinga anda karena memang dalam sepuluh tahun terakhir, tim ini terjerembab dalam kubangan divisi bawah. Namun sebenarnya, Derby County menyimpan sejumlah sejarah yang sangat luar biasa.

Catat Sejarah di Liga Champions

Percaya atau tidak, Derby County pernah ‘tertawa’ lebar di Liga Champions dengan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Tepatnya pada musim 1972/73, Derby County berhasil mengejutkan dunia dengan tampil di semifinal Liga Champions.

Bersama pelatih legendarisnya, Brian Clough, Derby County menciptakan sejarah dengan menantang Juventus di semifinal Liga Champions 1972/73. Brian Clough adalah pelatih yang sangat berjasa bagi Derby County karena 4 tahun sebelumnya, tim itu hanya penghuni divisi 2.

© UEFA.com
Brian Clough Copyright: UEFA.comBrian Clough saat memenangi Liga Champions bersama Nottingham Forest

Namun berkat tangan dingin Brian Clough, Derby County berhasil dibawa promosi ke Liga Primer Inggris. Dan tidak butuh waktu lama untuk Derby County menjadi juara Liga Inggris divisi teratas pada musim 1971/72, mereka berhak tampil di Liga Champions musim depan.

Sayang, perjalanan Brian Clough bersama Derby County hanya sampai di semifinal saja usai kalah secara agregat 1-3 dari Juventus. Meski pernah menorehkan tinta emas di Liga Champions, Derby juga pernah mencatatkan rekor buruk sebagai tim terburuk Liga Primer Inggris.                   

1