In-depth

Kembali ke Timnas Indonesia, Irfan Bachdim Pemain Naturalisasi atau Bukan?

Jumat, 24 Mei 2019 10:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT/Prima Pribadi
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat men-dribble bola Copyright: © INDOSPORT/Prima Pribadi
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat men-dribble bola

INDOSPORT.COM - Pertanyaan ini mungkin sudah pernah terjawab, tapi terus saja datang berulang kali di benak kita, yaitu apakah Irfan Bachdim pemain naturalisasi atau bukan?

Ya, pertanyaan tentang Irfan Bachdim pemain naturalisasi atau bukan memang selalu dipertanyakan oleh para pecinta sepak bola, khususnya suporter Timnas Indonesia. Pasalnya Irfan datang dari Belanda ke Indonesia saat dirinya sudah berusia 22 tahun.

Melihat gembiranya para pecinta sepak bola Indonesia dengan keputusan Simon McMenemy kembali memanggil Irfan Bachdim ke Timnas Indonesia, tentu sangat menarik untuk mengingatkan kembali apakah bintang Bali United ini pemain naturalisasi atau bukan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Irfan Bachdim mulai berkarier di sepak bola Indonesia pada saat usianya 22 tahun dengan bergabung ke Persema Malang.

Saat itu, status Irfan Bachdim sudah menjadi seorang Warga Negara Indonesia. Apalagi pada tahun 2010, sedang maraknya program naturalisasi sebut saja seperti Kim Jeffrey Kurniawan dan Cristian Gonzales.

Irfan Bachdim Bukan Pemain Naturalisasi

© Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORTPenyerang Bali United, Irfan Bachdim.

Ternyata setelah ditelusuri lebih dalam, Irfan Bachdim bukanlah seorang pemain naturalisasi seperti Gonzales, Ilija Spasojevic atau pun Beto Goncalves.

Di tengah maraknya program naturalisasi yang dimulai sejak tahun 2010 silam, Irfan Bachdim dengan keyakinan 100% mengaku sudah memilih Warga Negara Indonesia. Bahkan dia mengatakan sudah punya paspor Indonesia sejak lahir.

"Saya bukan pemain naturalisasi! Saya punya paspor Indonesia sejak saya lahir!!" ucap Irfan Bachdim membalas salah satu kicauan netizen pada 2012 lalu.

Irfan Bachdim lahir dari pasangan yang memang berbeda kewarganegaraan. Sang Ayah, Noval Bachdim merupakan WNI asli yang menetap dan menikahi wanita berkewarganegaraan Belanda. Keduanya sudah menetap di Belanda selama puluhan tahun.

Memulai karier di akademi terkenal Eropa, yakni Ajax Youth, Irfan Bachdim akhirnya pindah ke akademi Utrecht. Tak kunjung menembus tim utama FC Utrecht, Irfan lalu pindah ke klub bernama HFC Haarlem pada 2009 silam.

Awal 2010 Irfan Bachdim kembali pindah klub gurem bernama SV Argon. Tidak sampai setahun, Irfan pun menerima pinangan Persema Malang dan diperkirakan saat itu dirinya juga memutuskan untuk memilih Warga Negara Indonesia seutuhnya.

Irfan Bachdim pun langsung membela Timnas Indonesia di kompetisi Piala AFF 2010. Saat itu, pemain yang kini menjadi andalan Bali United di Liga 1, mencetak sebanyak dua gol untuk Timnas Indonesia.

Disinilah perbedaan Irfan Bachdim dengan para pemain naturalisasi lainnya, seperti contohnya Kim Jeffrey Kurniawan. Kim Jeffrey sudah terlanjur memilih warga negara Jerman saat dirinya berusia 18 tahun.

Oleh karena itu, gelandang Persib Bandung itu harus menjalani proses naturalisasi, yang juga rampung pada tahun 2010 lalu. Saat itu, Kim Jefrrey juga gabung Persema Malang bersama Irfan Bachdim.

Dengan penjelasan di atas, semoga saja cukup memberi titik terang untuk status pemain Irfan Bachdim. Dia asli Indonesia dan sudah punya paspor Indonesia sejak dirinya lahir di Amsterdam.

Dan semoga pemanggilan kembali oleh Simon McMenemy ke Timnas Indonesia, bisa dimanfaatkan Irfan Bachdim untuk menunjukkan kualitasnya dengan seragam merah putih.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%