Liga Indonesia

Di mana Mohammad Nasuha Sekarang? Pahlawan Timnas Indonesia dengan Perban di Kepala

Minggu, 26 Mei 2019 21:21 WIB
Editor: Juni Adi
© Tempo
Mantan pemain Timnas Indonesia, Muhammad Nasuha saat di Piala AFF 2010. Copyright: © Tempo
Mantan pemain Timnas Indonesia, Muhammad Nasuha saat di Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM - Para pecinta sepak bola Indonesia, tentunya sangat ingat dengan bek kiri tangguh Timnas Indonesia bernama Mohammad Nasuha.

Sosoknya sangat membekas di ingatan masyarakat Tanah Air, karena perjuangannya yang sepenuh hati membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010 lalu.

Hal itu dikarenakan M Nasuha tetap memaksakan bermain meski kepalanya mengalami cedera cukup parah saat melawan Filipina di babak semifinal pada 16 Desember 2010. 

Alhasil, Nasuha harus menggunakan perban untuk melindungi luka di kepala. Pada akhirnya perjuangannya tidak sia-sia karena Timnas Indonesia menang 1-0 berkat gol Cristian Gonzales, dan melaju ke final sebelum takluk dari Malaysia.

Itulah sedikit cerita dari M Nasuha yang membuatnya hingga saat ini begitu dikenal masyarakat Indonesia. Namun kini kabarnya sudah jarang terdengar.

Usut punya usut, Nasuha saat ini sudah pensiun dari dunia sepak bola akibat cedera lutut parah yang dideritanya. Faktor itu juga yang membuat penampilannya di level klub mulai menurun pasca membela Timnas Indonesia di AFF 2010.

Nasuha sempat malang melintang membela klub papan atas di Liga Indonesia yakni Sriwijaya FC (periode 2008-2010), Persija (2010/2011), dan Persib (2014).

Karier kelamnya sempat ia alami ketika membela Maung Bandung. Ia mengalami robek meniscus dan patah tulang rawan pada lutut kirinya. Kontraknya pun tidak diperpanjang oleh Persib.

Nasuha kemudian menepi cukup lama untuk melakukan pemulihan cederanya. Tak lama ia dinyatakan sembuh dan pada tahun 2014 langsung bergabung dengan Cilegon United.

Namun jalan kariernya untuk kembali ke lapangan hijau tidak berjalan mulus. Nasuha kembali mengalami cedera saat memperkuat Cilegon United yakni Anterior Cruciate Ligament (ACL). Selama dua tahun lebih, ia berjuang untuk pulih.

Kini, Mohammad Nasuha menjalani kehidupan baru. Aktivitas terbarunya tidak jauh dari dunia si kulit bundar yakni menekuni dunia kepelatihan.

Ia sempat mengikuti kursus kepelatihan AFC C yang diadakan oleh PSSI, dan tercatat pernah menjadi pelatih di Banten Jaya FC di Liga 3 dan Dispora Banten.

Pria yang kini berusia 34 tahun itu juga sesekali menyempatkan dirinya menemani sang buah hati berlatih sepak bola di sebuah SSB, dan bermain bareng rekan-rekan lamanya di Stadion Krakatau Steel.

Nama Mohammad Nasuha juga sempat masuk dalam salah satu kandidat pemain terbaik sepanjang sejarah gelaran Piala AFF pada tahun 2018 lalu. 

Mantan bek Persib Bandung itu bersaing dengan empat nama lain yakni Dusit Chalermsan (Thailand), Aide Iskandar (Singapura), Nguyen Minh Duc (Vietnam), dan Fadhil Shas (Malaysia).

Namun setelah beberapa hari melakukan pemungutan suara melalui voting bebas di laman resminya, AFF lalu mengumumkan pemenangnya yakni Mohammad Nasuha.

Nasuha mulai debut bersama Timnas Pada 2005-2007 bersama Timnas U-23. Pada tahun 2009-2011 ia mulai dipercaya untuk membela Timnas Indonesia Senior dengan total bermain 15 kali dan mencetak dua gol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%