Liga Indonesia

Fakta Ferdinand Sinaga yang Jadi Momok Menakutkan Tira Persikabo

Senin, 27 Mei 2019 15:01 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ferdinand Sinaga melakukan selebrasi usai cetak gol Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ferdinand Sinaga melakukan selebrasi usai cetak gol

INDOSPORT.COM - PSM Makassar akan melakoni laga tandang pertamanya musim dengan dengan berkunjung ke Stadion Pakansari, Bogor, markas Tira Persikabo, pada pekan ketiga Liga 1 2019. Jelang pertandingan tersebut, ternyata ada fakta menarik mengenai Tira Persikabo yang sering menjadi 'korban' bintang PSM Makassar, Ferdinand Sinaga.

Berbicara duel Juku Eja melawan The Army, striker Ferdinand Sinaga memiliki catatan manis menghadapi klub yang identik dengan warna hijau tersebut. Ya, The Dragon (julukan Ferdinand) kerap menjadikan gawang Tira Persikabo sebagai korban favoritnya.

Top skor PSM Makassar dalam tiga musim terakhir ini tidak pernah absen menjebol gawang Tira Persikabo pada empat perjumpaan terakhirnya. Dari empat perjumpaan tersebut, Ferdinand berhasil mencetak lima gol. 

Terhitung sejak putaran kedua kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC 2016), Ferdinand sukses menyumbangkan satu gol dalam kemenangan telak 4-0 di Stadion Mattoanging. Ia mencetak gol di menit 69 melalui tandukan kepalanya memanfaatkan umpan Rasyid Bakri.

Pada Liga 1 2017, Ferdinand absen mencetak gol pada putaran pertama di kandang The Army karena saat itu terkena skorsing enam pertandingan akibat memukul kepala striker Persela Lamongan, Ivan Carlos pada pekan perdana yang berkesudahan dengan skor 3-1 untuk kemenangan Juku Eja.

Barulah pada putaran kedua Liga 1 2017 Ferdinand Sinaga berhasil mencatatkan hasil manis kala melawan Tira Persikabo di Stadion Mattoangin. Tidak tanggung-tanggung, The Dragon mencetak dua gol sekaligus pada menit 44 dan 90+1 sekaligus memberi kemenangan telak 4-1.

Torehan manis Ferdinand berlanjut ke musim berikutnya. Pada putaran pertama yang digelar di Makassar, tandukannya di menit 14 meneruskan umpan Arsyad Yusgiantoro membuka kemenangan PSM Makassar yang berkesudahan dengan skor ketat 4-3.

Terakhir, striker yang menjadi bagian Tim Nasional (Timnas) Indonesia keluar sebagai runner up Pala AFF 2016 sukses mejadi penentu kemenangan kala bertandang ke markas The Army di pekan ke-22. Lagi-lagi tandukannya berbuah gol di menit 83 dengan meneruskan umpan M. Arfan.

Kini, Ferdinand berpeluang meneruskan catatan manisnya tersebut. Ia pun diproyeksikan masuk ke dalam daftar 20 pemain yang akan dibawa pelatih Darije Kalezic ke Bogor, Senin (27/05/19), siang.

Namun, kepastian Ferdinand untuk dimainkan pada pertandingan nanti masih abu-abu sebab sang striker saat ini mengalami cedera. Ia pun menjadi pilihan ketiga pelatih PSM, Darije Kalezic untuk posisi ujung tombak setelah Eero Markkanen dan Guy Junior.