Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2019: PSMS Medan, Tekad Bangkit Sang Raksasa Tradisional

Senin, 10 Juni 2019 12:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© psmsmedanofficial/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim PSMS Medan Liga 2 2019. Copyright: © psmsmedanofficial/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim PSMS Medan Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - PSMS Medan pernah menggoreskan tinta emas dalam lembaran sejarah sepak bola Indonesia. Mereka tentu tak ingin terlalu lama terjebak di Liga 2 2019 yang notabene bukanlah habitat aslinya.

Berlabel klub besar yang sudah lama mewarnai kasta tertinggi sepak bola Indonesia, PSMS tentu punya target meraih tiket promosi dan segera meninggalkan Liga 2.

Ayam Kinantan memang memiliki sejarah panjang dengan berbagai prestasi di era Perserikatan (1931-1994). Yang paling ikonik dan diingat oleh para pendukung tentu saja gelar juara bersama saat berhadapan dengan Persija Jakarta di final Perserikatan 1975.

Keputusan juara bersama diambil oleh PSSI untuk meredam kerusuhan antarpemain di tengah pertandingan, tepatnya saat memasuki menit ke-40. Sebuah catatan tersendiri karena baru pertama kali terjadi dan satu-satunya dalam sejarah.

Berikutnya, PSMS berhasil merengkuh gelar juara edisi 1983 usai menaklukkan Persib Bandung di laga final lewat drama adu penalti (3-2). Begitu pula berselang dua tahun kemudian (1985) ketika mereka melibas lawan yang sama melalui cara serupa (4-3) setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Memasuki era Liga Indonesia (1994-sekarang), PSMS seolah-olah kehilangan taji mereka di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, bahkan sempat mendekam cukup lama di kasta kedua. Mereka baru naik kasta ke Liga 1 pada edisi 2018.

Sayang, PSMS harus kembali terdegradasi ke Liga 2 lantaran kalah bersaing dan harus terbenam di dasar klasemen akhir musim. Dengan segala prestasi di masa lampau, kubu Ayam Kinantan tentu ingin balik ke habitat asli musim depan.

Hal tersebut diamini oleh kapten PSMS yang musim ini tetap dipertahankan di skuat, yakni Legimin Raharjo. Gelandang berusia 37 tahun itu memberikan kabar terkini tentang persiapan timnya menjelang Liga 2 2019.

"Persiapan sampai sekarang terus berlangsung dan perkembangannya cukup bagus. Bulan depan (saat kick-off Liga 2 2019) kami pasti sudah siap berkompetisi. Target pribadi saya ingin memberikan yang terbaik dan PSMS bisa promosi lagi ke Liga 1," ucap Legimin kepada INDOSPORT, Minggu (26/5/19).

Mengingat ada tim-tim kuat seperti Sriwijaya FC dan Mitra Kukar yang juga degradasi ke Liga 2 2019, perjalanan PSMS mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 2020 tentu tidak mudah.

Lantas seperti apa komposisi skuat PSMS untuk Liga 2 2019? Berikut INDOSPORT merangkumnya sebelum berbicara terlalu jauh soal persiapan mereka menatap musim baru.

Kiper: Guntur Pranata

Bek: Afiful Huda, Wahyu Sosilo, Wira Satria, Andre Sitepu, Egas Adasi, Dimas Sumantri, Syaiful Ramadhan, Muhammad Effendi

Gelandang: Rendi Saputra, Ilham Fathoni, Bayu Tri Sanjaya, Legimin Rahardjo, Aidun Sastra, Dolly Gultom, Eki Fauzy, Doni Dio Hasibuan, Muhammad Tedi Alma, Yudha Rizky

Striker: Aldino Herdianto, Natanael Siringoringo, Tambun Naibaho, Tri Handoko