Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2019: Persiba Balikpapan, Beruang Lapar dan Ambisius

Selasa, 11 Juni 2019 15:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/persibafc_media
Profil tim Persiba Balikpapan Liga 2 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/persibafc_media
Profil tim Persiba Balikpapan Liga 2 2019.

INDOSPORT.COMPersiba Balikpapan salah satu kontestan Liga 2 2019 yang tampil dengan wajah baru serta memiliki ambisi tinggi untuk segera promosi ke kasta teratas musim depan.

Menjelang kick-off Liga 2 2019, para Balistik (sebutan pendukung Persiba) kegirangan mengetahui eks Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, merapat dan bergabung sebagai investor klub.

Kabar ini tentu memberikan semangat baru untuk Persiba yang menargetkan lolos ke Liga 1 2020, apalagi sosok Gede seringkali dianggap pembawa keberuntungan bagi klub-klub di Liga Indonesia.

Sebut saja dua tim terakhir yang sempat ia singgahi, yakni Bhayangkara FC dan Persija, di mana kedua klub tersebut berhasil menjadi juara dalam dua edisi terakhir Liga 1.

Berangkat dari fakta itu, Persiba di bawah tangan dingin Gede diprediksi dapat menjadi ancaman serius di Liga 2 2019, bahkan tak menutup kemungkinan bakal langsung menjuarai kompetisi di akhir musim.

Persiba sendiri bukanlah klub kemarin sore di Liga Indonesia. Namanya sudah sangat familier di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air, khususnya penggemar era 2010-an atau periode keemasan Sang Beruang Madu di kasta tertinggi.

Di Liga Super Indonesia (LSI) 2009/10, Persiba yang dikomandoi Daniel Roekito berhasil menjadi kuda hitam sekaligus mengakhiri musim di peringkat ketiga klasemen akhir, menempel Persipura Jayapura (runner-up) dan Arema (kampiun).

Persiba era tersebut benar-benar menjadi batu sandungan tim-tim besar macam Persib Bandung dan Persija, yang akhirnya kedua tim itu harus puas finis di belakang Persiba.

Mengusung memori kejayaan LSI 2009/10 serta efek kedatangan Gede Widiade membuat Persiba optimistis untuk segera naik kasta musim depan.

Hal tersebut juga disampaikan langsung oleh Irfan Taufik selaku Sekretaris Persiba. Menurutnya, target utama mereka musim ini adalah promosi ke Liga 1.

"Target pertama kami adalah lolos ke babak 8 besar, kemudian semifinal. Secara umum target kami ingin langsung menembus Liga 1  musim depan," ucapnya kepada INDOSPORT, Rabu (29/5/19).

Irfan melanjutkan, tingkat kesiapan Persiba menyambut Liga 2 2019 sudah mencapai 90 persen, namun timnya masih membutuhkan satu atau dua orang striker sebagai mesin gol bila berkaca dari beberapa pertandingan terakhir .

"Persiapan tim sekarang sudah 90 persen, mungkin butuh tambahan satu atau dua pemain di barisan depan sebelum batas pendaftaran pemain tanggal 14 Juni nanti," tambahnya.

Persiba sampai saat ini telah mengantongi 26 pemain yang bakal berpartisipasi di Liga 2 2019, tapi dari nama-tersebut masih dapat berkurang dan bertambah hingga masa akhir pendaftaran pemain.

Berikut adalah daftar pemain Persiba di Liga 2 2019 (per 11 Juni 2019).

Kiper: Ferdiansyah, Tedi Herry Setiawan, Dwi Yudha Pratama

Bek: Anis Mujiono, Imam Mahmudi, Andre Putra, Dani Pratama, Stevanus Bungaran, Irvan Febrianto, Taufiq Kasrun, Riskal Santoso, Sahrul Kurniawan

Gelandang: Andre Dio, Bryan Cesar, Alfin Zidane, Andre Vemberyono, Moh. Said, Adam Maulana, Fadil Redian, Yusuf Efendi, Muhammad Rasul

Penyerang: Beny Ashar, Beny Oktovianto, Aji Kusuma, Ismail Haris, Mardiono.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%