Liga Champions

3 Fakta Menarik Jelang Tottenham vs Liverpool di Final Liga Champions 2018/19

Jumat, 31 Mei 2019 18:51 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Tottenham vs Liverpool. Grafis: Yanto/Indosport.com Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Tottenham vs Liverpool. Grafis: Yanto/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pertandingan babak final Liga Champions 2018/19 yang dijadwalkan pada Sabtu (02/06/19) dini hari WIB mendatang, menyimpan tiga fakta menarik.

Gelaran Liga Champions 2018/19 kini sudah memasuki laga pamungkas. Final Liga Champions kali ini akan mempertemukan Tottenham Hotspur vs Liverpool yang akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid.

Terlepas dari itu, ada tiga fakta menarik jelang laga final Liga Champions antara Tottenham vs Liverpool. Berikut portal olahraga INDOSPORT.COM sajikan tiga fakta menarik tersebut.

1. Sama-sama lakukan comeback

Tottenham dan Liverpool sama-sama melakukan comeback dramatis untuk memastikan satu tiket ke final Liga Champions 2018/19. 

Tottenham menyingkirkan Ajax Amasterdam usai menang 3-2 di kandang lawan pada leg kedua. Sebelumnya, Tottenham kalah di kandang sendiri dengan skor 0-1.

Tottenham pun lolos ke final Liga Champions meski agregat akhir melawan Ajax yaitu 3-3. Hal itu karena skuat Mauricio Pochettino unggul produktivitas gol tandang.

Sedangkan Liverpool lolos ke final Liga Champions dengan cara yang tak kalah heroik. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu kalah 0-3 dari Barcelona di leg pertama. Namun, pada leg kedua, kubu The Reds menggila dengan menghajar Barcelona dengan skor 4-0.

2. Final antar negara yang sama

Laga Tottenham vs Liverpool di final Liga Champions ini bertajuk All English. Sebelumnya, Manchester United dan Chelsea juga pernah melakukan final antar negara yang sama pada Liga Champions 2007/08.

Selain final All English ini, wakil dari Spanyol, Italia, dan Jerman juga pernah bertemu di final Liga Champions. Final yang mempertemukan antara wakil Spanyol terjadi tiga kali.

Pada tahun 2000 Real Madrid bertemu Valencia. Kemudian, Real Madrid kembali menjalani final melawan wakil Spanyol lainnya yaitu Atletico Madrid pada 2014 dan 2016.

Sedangkan dua wakil Italia mempertemukan AC Milan vs Juventus pada 2003. Lalu, ada dua wakil Jerman Bayern Munchen vs Borussia Dortmund pada 2013.

3. Final kelima di Madrid

Pertandingan antara Tottenham vs Liverpool merupakan final Liga Champions kelima yang akan dilangsungkan di ibu kota Spanyol, Madrid. Akan tetapi, kali ini tempatnya akan berpindah di stadion milik Atletico Madrid, yaitu Wanda Metropolitano.

Sebelumnya, final Liga Champions yang dimainkan di Madrid pada 1957,1969,1980, dan 2010 selalu digelar di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.