Liga Italia

Termasuk Conte, 6 Pelatih Ini Pernah Menangani Klub Rival di Serie A Italia

Jumat, 31 Mei 2019 18:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Michael Regan/Getty Images
Pelatih anyar Inter Milan, Antonio Conte. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Pelatih anyar Inter Milan, Antonio Conte.

INDOSPORT.COM - Termasuk Antonio Conte, berikut ini enam sosok pelatih top yang pernah menangani klub rival di kompetisi Serie A Italia.

Inter Milan sendiri secara resmi mengumumkan bahwa mantan pelatih Juventus, Antonio Conte akan menukangi armada biru-hitam untuk musim depan dan menggantikan posisi Luciano Spaletti yang dipecat.

Dilansir dari akun Twitter resmi klub, isu tentang sosok Conte yang akan melatih Inter menjadi sebuah kenyataan. Kabar ini sekaligus menutup pintu bagi Juventus, yang sebelumnua juga dikabarkan tertarik meminang Conte.

Dengan resmi menahkodai Inter Milan, maka pelatih berusia 49 tahun tersebut menambah daftar panjang juru latih yang sebelumnya telah melatih tim Serie A namun kini malah menyebrang dan memperkuat tim rival.

Sebelum Conte, memang banyak pelatih-pelatih top Serie A yang 'berselingkuh' dengan tim lamanya dan memutuskan bergabung dengan klub Serie A lain, dan menariknya tim tersebut merupakan musuh bebuyutan dalam perebutan gelar scudetto.

Sebut saja Luciano Spalletti, pelatih yang baru saja dipecat Inter Milan ini sempat melatih AS Roma yang notabene salah satu tim besar Serie A, bahkan kedua tim (AS Roma dan Inter Milan) sering bersitegang saat bertanding.

Sementara Conte sendiri merupakan eks pelatih Juventus, yang sempat membawa La Vecchia Signora menguasai Italia pada musim 2011/12 hingga 2013/14.

Selain Conte dan Spalletti, masih banyak pelatih top lain yang pernah melatih tim rival di Liga Serie A Italia dan berikut INDOSPORT.COM coba mengulasnya.

1. Massimiliano Allegri

© Tullio M. Puglia/Getty Images
Massimiliano Allegri mencium trofi Serie A Italia Juventus sebegai juara musim ini. Tullio M. Puglia/Getty Images Copyright: Tullio M. Puglia/Getty ImagesMassimiliano Allegri mencium trofi Serie A Italia Juventus sebegai juara musim ini. Tullio M. Puglia/Getty Images


Sebelum meraih lima gelar Serie A beruntun bersama Juventus dari musim 2014/15, 2015/16, 2016/17, 2017/18, dan 2018/19, sosok Massimiliano Allegri ternyata lebih dulu di kenal para Milansiti (pendukung AC Milan) sebagai pelatih mereka.

Sebab sebelum hengkang ke Juventus, pelatih berusia 51 tahun ini memang lebih dulu berjasa saat membawa AC Milan meraih scudetto terakhirnya pada musim 2010/11, dan pada musim 2013/14 dirinya memutuskan hengkang dari San Siro dan membelot ke Juventus.

2. Fabio Capello
Pelatih berusia 72 tahun tersebut telah menukangi tiga klub terbesar di Liga Serie A Italia, selain AC Milan yang berhasil ia bawa meraih 4 gelar Serie A Italia dan meraih gelar UEFA Champions League musim 1993–94, Fabio Capello juga tercatat sebagai juru latih dua raksasa Serie A yakni AS Roma dan Juventus.

Hebatnya lagi saat melatih dua tim tersebut, Capello selalu mengakhiri musim dengan raihan gelar prestisius. Sebut saja AS Roma dengan trophy Serie A musim 2000/01, serta Juventus musim 2004/05 dan 2005/6, meski pada akhirnya gelar tersebut di cabut akibat skandal calsiopoli.

3. Marcelo Lippi
Sama seperti Capello, pelatih gaek jebolan klub Sampdoria ini juga melatih lebih dari dua tim besar di Liga Italia. Meski sukses bersama Juventus dengan raihan lima gelar Serie A, Lippi sempat melatih Napoli dan Inter Milan. 

Sayangnya saat melatih kedua tim tersebut, Marcelo Lippi gagal mempersembahkan gelar dan hanya bertahan tak lebih dari semusim.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%