Liga Champions

6 Pemain Islam Masih Jalani Puasa Saat Kick Off Final Liga Champions 2018/19

Sabtu, 1 Juni 2019 15:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shaun Botterill/Getty Images
Aksi Mohamed Salah menyundul bola pada laga Liverpool vs Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris (Premier League) 2018/2019. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Aksi Mohamed Salah menyundul bola pada laga Liverpool vs Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris (Premier League) 2018/2019.

INDOSPORT.COM - Terdapat enam pemain beragama islam yang ternyata masih menjalani ibadah puasa di bulan ramadan pada saat kick off final Liga Champions 2018/2019.

Final Liga Champions 2018/2019 mempertemukan Tottenham Hotspur vs Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (02/06/19) dini hari WIB.

Baik Tottenham Hotspur maupun Liverpool memiliki pemain-pemain yang beragama islam. Total dua penggawa The Lilywhites dan The Reds memiliki empat pemain.

Para pemain beragama islam ini memiliki dilema untuk tetap menjalankan ibadah puasa atau tidak di bulan ramadan. Lantaran pertandingan final diprediksi bakal berjalan ketat.

Pemain-pemain islam dari kubu Tottenham Hotspur yang bakal berlaga di final Liga Champions 2018/19 ialah Moussa Sissoko dan Serge Aurier.

© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Mohamed Salah merayakan gol kedua Liverpool ke gawang Tottenham Hotspur. Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty ImagesMohamed Salah merayakan gol kedua Liverpool ke gawang Tottenham Hotspur.

Di sisi lain, ada pula Mohamed Salah (Livepool), Sadio Mane (Livepool), Xherdan Shaqiri (Livepool), dan Naby Keita (Livepool).

Untuk nama terakhir tampaknya tak bisa ikut tampil bersama Liverpool lantaran tengah mengalami cedera. Sementara pemain islam lainnya diprediksi bisa tampil.

Siapapun yang akan tampil di final Liga Champions 2018/2019 nantinya sepertinya bakal tetap berpuasa ketika peluit wasit dibunyikan sebagai tanda dimulainya pertandingan.

Hal ini dikarenakan kick off laga Tottenham Hotspur vs Liverpool di final Liga Champions 2018/2019 ialah pukul 21:00 waktu Madrid sesuai ketetapan UEFA.

Sementara itu, menurut laman Muslim Pro, waktu salat di Madrid menunjukan kalau waktu berbuka puasa atau azan magrib jatuh pukul 21:44 waktu setempat.

Terkait hal ini, Salah mengaku kalau dirinya tetap menjalankan ibadah puasa ketika bertanding di final Liga Champions 2018/2019 nanti.

© Shaun Botterill/Getty Images
Mohamed Salah menghindari tackle dari lawan di pertandingan Liverpool vs Tottenham Hotspur, Minggu (31/03/19) malam WIB. Copyright: Shaun Botterill/Getty ImagesMohamed Salah menghindari tackle dari lawan di pertandingan Liverpool vs Tottenham Hotspur, Minggu (31/03/19) malam WIB.

"Puasa sangat bermakna buat saya. Karena itu, saya sangat senang dan merasa baik-baik saja," ujar Salah di Inggris dilansir King Fut, belum lama ini.

Meski begitu pelatih Liverpool Jurgen Klopp berkomentar kalau dirinya tak khawatir terhadap anak asuhnya yang menjalankan ibadah puasa.

"Tak masalah sama sekali dengan para pemain yang menjalankan puasa karena saya menghormati agama mereka," papar Klopp di Inggris dikutip Sky Sports.

Bagi Klopp, para pemain islam di Liverpool selalu tampil luar biasa bagus saat berpuasa ataupun tidak. Maka keyakinan tersebut selalu dibayar maksimal oleh para pemain.

© Getty Images
Liverpool vs Tottenham Hotspur Copyright: Getty ImagesLiverpool vs Tottenham Hotspur.

Ulama Inggris Ajmal Masroor memberikan saran kepada para pemain islam agar tetap menjalankan ibadah puasa di final Liga Champions 2018/2019 nanti.

"Puasa ramadan tidak akan menghancurkan karier pemain sepak bola. Doa-doa orang berpuasa bakal didengar lebih cepat oleh Allah SWT," papar Masroor di Inggris dikutip Mirror, Jumat (31/05/19).

1