Liga Champions

Daftar Juara Liga Champions: Real Madrid dan AC Milan Masih Berkuasa

Sabtu, 1 Juni 2019 16:16 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Gong Final Liga Champions 2019 antara Tottenham Hotspur vs Liverpool akan dimulai Minggu, (02/06/19) pukul 02:00 WIB di Stadion Wanda Metropolitano.

Final Liga Champions kali ini terasa menarik karena kedua klub sepak bola tersebut sama-sama berasal dari tanah Inggris sehingga tak heran jika laga final tahun ini disebut juga All English.

Bagi Liverpool, jika mereka berhasil menjadi juara maka ini merupakan gelar Liga Champions yang keenam di sepanjang sejarah klub.

Tak hanya itu, gelar ini juga menjadi obat bagi masa lalu mereka yang gagal meraihnya di final tahun lalu kala dibekuk oleh Real Madrid dengan skor 1-3.

© Chris Brunskill/GettyImages
Ekspresi kegembiraan para pemain Liverpool usai menghajar Barcelona dengan skor telak 4-0. Copyright: Chris Brunskill/GettyImagesEkspresi kegembiraan para pemain Liverpool usai menghajar Barcelona dengan skor telak 4-0.

Sementara bagi Tottenham Hotspur, gelar ini merupakan yang pertama dalam sejarah mereka. Tak hanya gelar Liga Champions, tetapi juga gelar pertama yang mereka dapatkan.

Artinya, siapapun yang akan menjadi pemenang atau menjadi juara dalam laga ini, baik Tottenham maupun Liverpool keduanya tentu akan meramaikan dunia berita olahraga setidaknya selama satu pekan ke depan.

Sebelum kita menyaksikan aksi menarik dari pertandingan tersebut, tentu tak ada salahnya jika kita melihat daftar klub juara Liga Champions dari sejak kompetisi ini digelar dengan menggunakan nama Piala Champions di tahun 1955.

© Tottenham Hotspur/GettyImages
Selebrasi para pemain Tottenham Hotspur saat memastikan diri ke final Liga Champions 2018-19. Copyright: Tottenham Hotspur/GettyImagesSelebrasi para pemain Tottenham Hotspur saat memastikan diri ke final Liga Champions 2018-19.

Nama Liga Champions baru digunakan sejak tahun 1992, artinya jika ditotal kompetisi ini telah berusia 64 tahun dan selama itu juga tercatat ada 22 klub yang mampu menjadi juara.

Sejauh ini, Real Madrid masih menjadi penguasa yang tampaknya akan sulit untuk dilewati dalam waktu dekat. Ya, Los Blancos telah mendapatkan gelar ini sebanyak 13 kali, sementara pesaing terdekatnya adalah AC Milan dengan koleksi 7 gelar.

Berikut ini INDOSPORT memaparkan daftar gelar juara Liga Champions:

4