Liga Champions

Menelusuri Kiprah Tim-tim yang Baru Pertama Kali Main di Final Liga Champions

Sabtu, 1 Juni 2019 15:59 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Tottenham Hotspur berhasil menciptakan sejarah pada Liga Champions musim ini setelah untuk pertama kalinya mereka berhasil lolos ke babak final untuk bertanding melawan Liverpool.

Keberadaan Tottenham Hotspur di babak final yang akan dimainkan di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid pada Minggu (02/06/19) dini hari nanti itu sejatinya merupakan sebuah kejutan. Bagaimana tidak, Tottenham sempat diprediksi tidak akan lolos dari fase grup.

Hal itu tak lepas dari hasil tiga laga awal Tottenham Hotspur yang hanya mampu menghasilkan sebiji poin saja. Namun setelah itu, Tottenham bersama sang pelatih, Mauricio Pochettino berhasil bangkit dan lolos ke 16 besar setelah mampu menahan Barcelona di Camp Nou.

Nasib Tottenham di fase gugur rupanya tak berbeda jauh dengan di babak grup karena mereka selalu perlu melakukan perjuangan berdarah-darah untuk sampai di babak final.

Berbekal semangat pantang menyerah, Tottenham pun sukses lolos ke final usai singkirkan Borussia Dortmund, Manchester City, dan Ajax Amsterdam. Tottenham pun berhak lolos ke final untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Namun rupanya Tottenham tidak sendiri, ada beberapa tim yang sanggup mencatatkan pencapaian identik dengan lolos ke final untuk pertama kalinya. Sebagai catatan kami hanya mencatat tim-tim yang baru pertama kali lolos ke final Liga Champions sejak edisi 1992/93 saja.

Hal itu dikarenakan sebelum itu, kompetisi itu bernama Piala Champions. Lantas siapa saja tim-tim yang pernah merasakan untuk pertama kalinya main di final Liga Champions dan bagaimana rasanya?