Liga Champions

Prediksi Final Liga Champions 2019 Tottenham vs Liverpool: Berebut Ukir Sejarah

Sabtu, 1 Juni 2019 01:42 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool. Grafis: Yanto/Indosport.com Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool. Grafis: Yanto/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Laga final Liga Champions musim 2018/19 antara Tottenham Hotspur vs Liverpool bakal segera tersaji pada Minggu (02/06/19), dini hari WIB. Berikut prediksi pertandingan kedua tim. 

Laga yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid tersebut, merupakan final Liga Champions ketujuh yang mempertemukan dua tim dari satu negara yang sama.

Sepanjang musim ini, Liverpool jelas jauh diunggulkan ketimbang Tottenham lantaran The Reds telah dua kali mengalahkan The Lillywhites dengan skor 2-1, baik laga kandang maupun tandang di ajang Liga Primer Inggris.

Namun, acuan pertandingan terakhir bukan menjadi jaminan bagi Liverpool untul meraih kemenangan, sebab Tottenham bagai gasing berputar yang sulit diprediksi khususnya di ajang Liga Champions musim ini.

Berstatus sebagai runner-up Grup B di bawah Barcelona, Harry Kane dan kolega berhasil melangkah mulus ke final.

Bahkan saat banyak pihak yang menyebut mereka bakal terhenti di semifinal setelah kalah dari Ajax 0-1 di kandang, Spurs membalikkan anggapan tersebut dan melakukan comeback gemilang di Amsterdam dengan menang 2-3 (unggul produktivitas gol atas Ajax).

Apalagi dalam partai final nanti sang mesin gol Tottenham, Harry Kane, kemungkinan dapat tampil setelah absen cukup lama akibat cedera yang menimpa kakinya.

Berbekal semangat tampil di final Liga Champions perdana mereka, anak asuh Mauricio Pochettino diprediksi bakal tampil all out dan bisa memberikan kejutan bagi Liverpool.

Meski Tottenham tak boleh dianggap sebelah mata, namun jika dilihat dari komposisi pemain serta pengalaman di Liga Champions, jelas jika Liverpool jauh lebih diunggulkan atas sang lawan. 

Ini merupakan final Liga Champions kesembilan bagi Liverpool dan kedua secara beruntun sejak musim lalu. Pengalaman para pemain dan ambisi untuk merengkuh satu gelar di musim ini menjadikan Liverpool sebagai kandidat kuat untuk menjadi juara.

Secara head to head keseluruhan, The Reds unggul dengan 79 kemenangan dan Tottenham hanya 48, sedangkan 43 pertandingan lainnya berkesudahan dengan hasil imbang. Sebuah catatan yang menjadikan Liverpool unggulan untuk menang. 

Player to Watch:
Harry Kane (Tottenham Hotspur)
Andai diturunkan, maka pemain berusia 25 tahun ini bisa menjadi momok paling berbahaya untuk lini pertahanan Liverpool dalam pertandingan nanti.

Meski timnya jarang menang saat berhadapan dengan Liverpool, namun dari sembilan pertandingan kontra The Reds, mantan striker Leicester City ini berhasil mencetak lima gol. Sebuah catatan yang harus diwaspadi Jurgen Klopp.

Sadio Mané (Liverpool)
Meski ada sosok Mohamed Salah yang menjadi idola, namun peran Sadio Mane bakal lebih disorot. Pasalnya pemain asal Senegal ini berhasil mencetak brace di pekan terakhir Liga Primer kontra Wolves.

Berbekal kecepatan yang ia miliki, Sadio Mane bisa menjadi pemecah kebuntuan saat Mohamed Salah tengah mendapat kawalan ketat dari pemain bertahan Tottenham.

© dailysabah.com
Mohamed Salah dan Mane sujud usai Liverpool kalahkan Sevila di Liga Champions. Foto: dailysabah.com Copyright: dailysabah.comMohamed Salah dan Mane sujud usai Liverpool kalahkan Sevila di Liga Champions. Foto: dailysabah.com

Prediksi Susunan Pemain
Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Lloris; Rose, Vertonghen, Alderweireld, Trippier; Eriksen, Wanyama, Sissoko; Alli; Moura, Kane.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Virgil van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mané, Firmino, Salah.

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur:

  • Tottenham  0 - 1 West Ham United FC 
  • Tottenham 0 - 1 Ajax
  • AFC Bournemouth 1 - 0 Tottenham
  • Ajax 2 - 3 Tottenham
  • Tottenham 2 - 2 Everton FC

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool:

  • Liverpool FC 5 - 0 Huddersfield
  • Barcelona 3 - 0 Liverpool FC
  • Newcastle 2 - 3 Liverpool FC
  • Liverpool FC 4 - 0 Barcelona
  • Liverpool FC 2 - 0 Wolverhampton

​Lima Pertemuan Terakhir Tottenham vs Liverpool: 

  • Liverpool 2 - 1 Tottenham
  • Tottenham 1 - 2 Liverpool
  • Liverpool 2 - 2 Tottenham
  • Tottenham 4 - 1 Liverpool
  • Liverpool 2 - 0 Tottenham 
1