In-depth

Regulasi Membiarkan Persija Dicurangi 2 Kali Karena Hands Ball?

Sabtu, 1 Juni 2019 12:39 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Youtube
Regulasi Membiarkan Persija Dicurangi 2 Kali Karena Hands Ball. Copyright: © Youtube
Regulasi Membiarkan Persija Dicurangi 2 Kali Karena Hands Ball.

INDOSPORT.COM – Klub ternama sepak bola Indonesia, Persija Jakarta dianggap mendapatkan kecurangan dari wasit di awal musim ini. Itu pun menjadi alasan mengapa Macan Kemayoran belum menorehkan kemenangan di kompetisi Liga 1 2019.

Kecurangan yang didapatkan Persija terjadi ketika mereka bertandang ke markas PSIS Semarang pada pekan kedua. Saat itu wasit membiarkan hands ball bek PSIS, M. Rio Saputra, di dalam kotak penalti.

Kemelut di area kotak penalti PSIS Semarang membuat bola sulit dikendalikan. Wallace Costa dan M. Rio terlihat hendak membuang bola jauh ke depan. Akan tetapi, bola yang ditanduk Wallace justru mengenai tangan kiri M. Rio.

Wasit Yudi Nurcahya yang dekat dengan terjadinya insiden tersebut pun hanya diam dan membiarkan pertandingan berjalan seperti biasa. Meski mendapatkan protes keras dari pemain Persija, namun sang wasit tetap tidak menggubrisnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Timnas Indonesia (@garudarevolution) on

Ini jelas merugikan Persija, karena seharusnya mereka mendapatkan hadiah penalti dan berpotensi terhindar dari kekalahan. Sekedar informasi, saat itu Persija tumbang 1-2 atas PSIS.

Persija kembali dianggap mendapatkan kecurangan saat menjalani pertandingan melawan Bali United. Lagi-lagi, wasit membiarkan hands ball Ricky Fajrin di dalam kotak penalti.

Insiden tersebut berawal dari Riko Simanjuntak yang mencoba untuk melancarkan umpan silang dari sisi kanan lapangan. Namun bola itu terkena tangan Ricky Fajrin, yang berada di area pertahanannya sendiri.

Namun, wasit ternyata memiliki pandangan lain dan tak menganggap hal itu sebagai alasan untuk menunjuk titik putih. Alhasil, Persija pun kembali tumbang 0-1 atas Bali United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%