Liga Champions

Alasan Wasit Tak Periksa VAR Saat Beri Hadiah Penalti ke Liverpool di Final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019 15:01 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Selebrasi skuat Liverpool saat merayakan gol pembuka Mohamed Salah Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Selebrasi skuat Liverpool saat merayakan gol pembuka Mohamed Salah

INDOSPORT.COM - Damir Skomina, wasit yang memimpin laga antara Tottenham Hotspur vs Liverpool di final Liga Champions 2018/19, Minggu (02/06/19) dini hari WIB, tidak mengecek Video Assistant Referee (VAR) saat memberikan hadiah penalti ke kubu The Reds.

Berkat keputusan itu, banyak pecinta sepak bola, khususnya fans Tottenham bertanya-tanya mengapa Skomina tidak mengecek VAR sebelum ia memberikan hadiah penalti.

Liverpool mendapatkan hadiah penalti di menit-menit awal pertandingan. Berawal dari tendangan Sadio Mane yang menyentuh pemain Tottenham, Moussa Sissoko. Liverpool kemudian diuntungkan karena bola itu dinilai mengenai tangan Sissoko.

Akan tetapi, sebagian orang juga menilai bahwa hukuman itu tidak harus diberikan, karena bola hanya mengenai dada Sissoko. Banyak juga yang mengatakan bahwa seharusnya wasit yang memimpin laga final Liga Champions itu harus menggunakan VAR untuk mengambil keputusan.

Namun, Skomina tidak ambil pusing dan langsung menunjuk titik putih ketika Sissoko dinilai melakukan handball. Akhirnya, Mohamed Salah yang mengeksekusi tendangan 12 pas ini melakukan pekerjaannya dengan baik.

Dilansir dari Mirror, Skomina memang tidak mengecek VAR karena ia dianggap tak perlu melakukannya. Pasalnya, wasit hanya memeriksa VAR jika keputusan sangat kontroversial dan perlu dilihat kembali tayangan ulangnya.

Namun, jika keputusannya sudah jelas dan pejabat VAR sudah melihatnya, maka wasit tidak perlu meninggalkan lapangan untuk mengecek video tayangan ulang.

Hal inilah yang terjadi saat Skomina memberikan hadiah penalti ke Liverpool. Ia memberikan hadiah penalti karena sudah ada instruksi dari pejabat VAR.