Liga Champions

Clean Sheet di Final Liga Champions, Alisson Becker Disejajarkan dengan Buffon

Minggu, 2 Juni 2019 11:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© The Telegraph
Suasana latihan Alisson Becker di pusat latihan Liverpool Copyright: © The Telegraph
Suasana latihan Alisson Becker di pusat latihan Liverpool

INDOSPORT.COM – Kiper Liverpool, Alisson Becker, kini disejajarkan dengan kiper veteran Gianluigi Buffon setelah tampil gemilang di final Liga Champions 2018/19 melawan Tottenham Hotspur, pada Minggu (02/06/19) dini hari WIB.

Bermain di Wanda Metropolitano, Alisson Becker bak bintang bersinar. Dia mampu menjaga gawang The Reds tidak kebobolan sama sekali oleh kubu Mauricio Pochettino.

Catatan clean sheet yang diraih Alisson di final semalam rupanya menjadi sorotan menarik dalam sejarah Liga Champions. Ya, Alisson menjadi pemain keenam yang mencetak clean sheet di abad ke-21.

Menurut Coral di akun Twitter, Alisson pun disejajarkan dengan Gianluigi Buffon, yang juga pernah menorehkan clean sheet saat membela Juventus melawan AC Milan di final Liga Champions 2003.

Buffon menjaga Juventus bermain imbang 0-0 melawan AC Milan di final meskipun pada akhirnya kalah dalam adu penalti dengan skor 2-3.

Selain Buffon, Alisson juga disejajarkan dengan dua kiper dari negaranya, Brasil. Kedua kiper tersebut yakni Dida (2003) yang membela AC Milan kala melawan Juve, dan Julio Cesar saat membela Inter yang menang atas Bayern Munchen 2-0.

Pada final malam tadi, Alisson berhasil menyelamatkan gawang dari delapan tembakan yang dilakukan para pemain Spurs. Penampilan memikat Alisson di bawah mistar pada akhirnya berhasil memengaruhi para pemain besutan Jurgen Klopp tetap tenang. 

Alhasil, timnya pun menang dengan skor 2-0 lewat tendangan Mohamed Salah dan Divock Origi di babak pertama. Mereka berhak mengangkat trofi Si Kuping Besar, trofi pertama sejak kemenangan mereka di tahun 2005.