Liga Champions

Inilah Bukti Kesamaan Alex-Oxlade Chamberlain dan Egy Maulana Vikri Musim Ini

Minggu, 2 Juni 2019 18:57 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Alex Oxlade-Chamberlain dapatkan medali Liga Champions 2018/19 meski tak bermain. Copyright: © Getty Images
Alex Oxlade-Chamberlain dapatkan medali Liga Champions 2018/19 meski tak bermain.

INDOSPORT.COM – Meski tak mencatatkan menit bermain sama sekali di ajang Liga Champions 2018/19, Alex-Oxlade Chamberlain berhak mendapatkan medali juara. Hal ini mirip dengan Egy Maulana Vikri yang tetap mendapatkan gelar Piala Polandia bersama Lechia Gdansk meski tak bermain.

Peraturan UEFA (induk organisasi sepak bola Eropa) menetapkan bahwa Liverpool sebagai kontestan partai puncak Liga Champions 2018/19 berhak mendapatkan 40 medali untuk dibagikan ke para pemain dan staf pelatih.

Hingga partai semifinal kedua berakhir, tercatat 20 pemain Liverpool telah memperkuat The Reds. Sedangkan, dilansir dari situs Transfermarkt, terdapat delapan anggota staf pelatih The Reds, termasuk Jurgen Klopp, yang dipastikan akan mendapatkan medali tersebut.

Ilustrasi di atas berarti bahwa 28 anggota tim Liverpool akan mendapatkan medali. Dengan jumlah tersebut, The Reds masih memiliki jatah 12 medali yang belum bertuan.

Sisa jatah itulah yang membuat beberapa pemain mendapatkannya secara 'cuma-cuma', termasuk Chamberlain. Pemain berusia 25 tahun itu belum tampil di Liga Champions musim ini akibat dibekap cedera sejak 25 April 2018. Ia menepi selama hampir setahun penuh dan absen dalam 49 pertandingan The Reds di seluruh kompetisi.

Gelandang Timnas Inggris ini bahkan hanya bermain dua kali di kancah Liga Primer Inggris 2018/19. Ia bermain sebagai pengganti selama 17 menit kala bertemu Huddersfield Town pada pekan ke-36, serta dua menit di pekan terakhir saat bersua Wolverhampton Wanderers.

Mengingat Chamberlain adalah bagian dari skuat utama sejak 2017/18, Klopp selaku manajer akhirnya memberikannya medali dengan mengikutsertakannya di bangku cadangan pada laga final.

Hal ini juga terjadi pada Egy di Lechia ketika ia tercatat sebagai pemenang Piala Polandia 2018/19 meski hanya sekali berada di bangku cadangan dan tak dimainkan. Sama dengan Chamberlain, Egy juga masuk dalam daftar skuat senior Lechia meski lebih banyak bermain untuk tim U-23.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%