Liga Champions

Starting XI Terbaik Liga Champions 2018/19: Ronaldo Terbuang

Minggu, 2 Juni 2019 10:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Best starting XI Liga Champions 2018/19 versi INDOSPORT. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Best starting XI Liga Champions 2018/19 versi INDOSPORT.

INDOSPORT.COMLiga Champions 2018/19 telah resmi berakhir pada Minggu (02/06/19) dini hari WIB. Klub Liga Primer Inggris, Liverpool pun berhasil keluar sebagai juara setelah menumbangkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Tim yang saat ini diasuh Jurgen Klopp tersebut pun berhasil merengkuh trofi Liga Champions sebanyak enam kali sepanjang sejarah. Ini juga merupakan gelar pertama mereka setelah lebih dari satu dekade tak mendapatkan trofi prestisius.

Keberhasilan Liverpool dalam membawa pulang trofi Si Kuping Besar, nyatanya tak terlepas dari sejumlah pilar utamanya. Tak heran jika beberapa pemain Liverpool masuk dalam daftar starting XI terbaik di ajang Liga Champions musim ini.

Meski begitu, tak hanya semifinalis Liga Champions saja yang masuk dalam starting XI terbaik pada musim ini. Bahkan klub yang sudah gugur di awal-awal, juga menyumbangkan satu pemainnya.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum starting XI terbaik sepanjang kompetisi Liga Champions 2018/19 versi Squawka.

Kiper: Alisson Becker (Liverpool)

© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Allison Becker menggenggam telpon seluler di final Liga Champions. Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images Copyright: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty ImagesAllison Becker menggenggam telpon seluler di final Liga Champions. Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images

Alisson Becker menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Champions. Meski Marc-Andre ter Stegen nyaris sempurna, namun Alisson mampu menjaga clean sheets dalam dua laga terakhir di Liga Champions.

Bek Kanan: Trent Alezander-Arnold (Liverpool)

© Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty Images
Trent Alexander-Arnold pada laga melawan Barcelona di Anfield 07/05/19. Quality Sport Images/Getty Images Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty ImagesTrent Alexander-Arnold pada laga melawan Barcelona di Anfield 07/05/19. Quality Sport Images/Getty Images

Tidak ada pemain bertahan yang menciptakan peluang lebih besar dibandingkan dengan Trent Alexander-Arnold, yakni sebanyak tujuh kali. Dirinya juga berperan penting dalam aksi comeback yang dilakukan Liverpool atas Barcelona.

Bek Tengah: Matthijs de Ligt (Ajax Amsterdam)

© TF-Images/Getty Images
Matthijs de Ligt melakukan selebrasi saat melawan Tottenham. Copyright: TF-Images/Getty ImagesMatthijs de Ligt melakukan selebrasi saat melawan Tottenham.

Matthijs de Ligt menjadi kapten termuda yang pernah tampil di babak semifinal Liga Champions. Meski usianya masih sanga belia, namun De Ligt mampu menjadi pemimpin yang sempurna di lini belakang Ajax. Itu terbukti dengan keberhasilan mereka melangkah hingga semifinal.

Bek Tengah: Virgil Van Dijk (Liverpool)

© twitter.com/LFC
Selebrasi Virgil van Dijk usai cetak gol ke gawang Wolves, Sabtu (22/12/18). Copyright: twitter.com/LFCSelebrasi Virgil van Dijk usai cetak gol ke gawang Wolves, Sabtu (22/12/18).

Virgil Van Dijk mampu mendominasi setiap lawan yang dihadapinya. Mantan pemain bertahan Southampton tersebut membuat lini belakang Liverpool semakin kokoh. Tak hanya soal bertahan, Van Dijk juga mampu berkontribusi dalam urusan mencetak gol.

Bek Kiri: Jordi Alba (Barcelona)

© Getty Images/David Ramos
Jordi Alba menggandakan keunggulan Barcelona atas Inter Milan, 2-0. Copyright: Getty Images/David RamosJordi Alba menggandakan keunggulan Barcelona atas Inter Milan, 2-0.

Jordi Alba memang gagal membawa Barcelona ke final, namun dia berperan penting dalam kelangsungan Barcelona di ajang Liga Champions. Menurut laporan Squawka, Jordi Alba menjadi salah satu bek terbaik dan jumlah assis-nya (5) menjadi yang terbanyak ketimbang bek-bek lain.