Liga Champions

Kiper Jerman Ini Kalahkan Alisson Soal Cleansheet di Liga Champions

Selasa, 4 Juni 2019 03:32 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Yohanes Ishak
© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Allison Becker menggenggam telpon seluler di final Liga Champions. Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images Copyright: © Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Allison Becker menggenggam telpon seluler di final Liga Champions. Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images

INDOSPORT.COM- Nama Alisson Becker lagi-lagi kembali menjadi bahan pembicaraan banyak orang berkat penampilannya yang konsisten.

Terbaru penjaga gawang asal Brasil ini sukses menjadi pemain keenam yang mencatatkan cleansheet di final Liga Champions. Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui bahwa Alisson bukanlah kiper terbaik pada musim ini.

Berdasarkan statistik yang dikeluarkan oleh Transfermarkt, Alisson sukses mencatatkan enam cleansheet dari 13 pertandingan di Liga Champions dengan presentase 46 persen. Tentu saja ini sebuah kebanggaan tersendiri untuk penjaga gawang 26 tahun tersebut.

Namun, bila menilik lebih dalam lagi, tampak jelas bahwa Alisson bukanlah kiper terbaik di Liga Champions pada musim ini dalam urusan cleansheet.

Sosok Marc-Andre ter Stegen lah yang dinilai layak menyandang penjaga gawang terbaik dalam urusan cleansheet di pentas bergengsi benua biru tersebut.

Statistik menyebutkan bahwa penjaga gawang Barcelona ini berhasil mencatatkan presentase cleansheet lebih baik dari Alisson pada musim ini.  Walau hanya bermain sebanyak 11 pertandingan (Alisson 13 pertandingan) Stegen sukses mengamankan gawangnya sebanyak enam kali. Jumlah yang sama dengan Alisson. 

Namun, Stegen berhasil mencatatkan presentase penyelamatan sebesar 54 persen. Unggul jauh dari Alisson yang hanya mampu meraih 46 persen saja.

Walau begitu, Alisson secara keseluruhan pantas mendapatkan julukan penjaga gawang terbaik Liga Champions musim ini. Dirinya sukses mengantarkan Liverpool menjuarai Si Kuping Besar untuk kali keenam dalam sejarah berdirinya The Reds.

Pada laga final tadi malam. Liverpool sukses mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor mutlak 2-0. Satu gol dari Mohamed Salah dan Divock Origi memastikan trofi Liga Champions musim 2018/19 menuju Anfield.