Liga Champions

Raih Gelar Keenam, Liverpool Jadi Wakil Inggris Tersukses di Kompetisi Elit Eropa

Rabu, 5 Juni 2019 22:44 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images Copyright: © Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images

INDOSPORT.COM – Liverpool semakin menasbihkan diri mereka sebagai wakil Inggris tersukses di Liga Champions Eropa usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor akhir 2-0 pada partai final yang digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/19) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Liverpool atas Tottenham Hotspur dicetak oleh Mohamed Salah dan Divock Origi. Salah membuat Si Merah unggul cepat melalui eksekusi penalti pada menit kedua babak pertama. Origi kemudian menggandakan keunggulan Liverpool tiga menit sebelum laga usai.

Gelar juara Liga Champions yang diraih Liverpool musim ini merupakan trofi keenam mereka di kompetisi antar klub elit Eropa. Sebelumnya, klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu sudah mengoleksi lima gelar Si Kuping Besar. Lima gelar juara itu diraih Liverpool pada musim 1976/77, 1977/78, 1980/81, 1983/84, dan musim 2004/05.

Enam gelar juara yang kini tersimpan di almari trofi Anfield menjadikan mereka sebagai klub Inggris dengan koleksi trofi Liga Champions terbanyak. Selain Liverpool, ada empat klub Inggris lain yang pernah merasakan mengangkat trofi Liga Champions.

Empat klub tersebut adalah Manchester United (3 gelar juara), Nottingham Forrest (2), Chelsea (1), dan Aston Villa (1). Jika ditotal, wakil Inggris telah mengumpulkan 13 gelar juara Liga Champions, enam diantaranya adalah milik Liverpool.

Tak hanya menjadi wakil terbaik Negeri Ratu Elizabeth di Liga Champions, Liverpool juga semakin mempertegas dominasi mereka sebagai klub Inggris dengan koleksi gelar kejuaraan Eropa terbanyak.

Selain enam gelar Liga Champions, Si Merah juga mengoleksi tiga trofi juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa), dan tiga titel Piala Super Eropa.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%