Bola Internasional

Ada Pemain Liga Thailand, 4 Pemain Timnas Asal Papua Lawan Yordania

Kamis, 6 Juni 2019 01:29 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Yohanes Ishak
© PSSI
Ruben Sanadi dibayangi lawan ketika Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Ruben Sanadi dibayangi lawan ketika Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Timnas Yordania pada laga uji coba yang akan diselenggarakan pada Selasa (11/06/19) di Stadion Internasional Amman.

Laga tersebut menjadi laga kedua Simon McMenemy dalam menangani Timnas senior. Dalam uji coba esok, ia kembali memanggil asal Papua yang dikenal memiliki talenta hebat menjadi seorang pesepak bola. Walaupun tak ada nama Boaz Solossa, namun empat pemain asal Papua memang cocok mengisi skuat Garuda.

Berikut empat pemain Timnas senior asal Papua yang diundang Simon McMenemy untuk menghadapi Yordania:

1. Yustinus Pae

© Sudjarwo/INDOSPORT.COM
Bek Persipura, Yustinus Pae, dalam sesi konferensi pers. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORT.COMBek Persipura, Yustinus Pae, dalam sesi konferensi pers.

Pemain asal Persipura Jayapura ini menjadi pemain paling tua asal Papua yang diundang Simon McMenemy untuk mengikuti pemusatan latihan di Cikarang. Tinus Pae saat ini sudah memasuki umur 35 tahun dan berposisi sebagai bek kanan.

Pemain bertinggi 172cm ini sebelumnya sudah tiga kali memperkuat Timnas Indonesia. Penampilan apiknya yang mampu naik turun saat bermain membuat namanya masuk menjadi salah satu bagian Timnas. Namun di level klub ia belum mampu mengangkat timnya dari keterpurukan di Shopee Liga 1.

2. Ruben Sanadi.

© PSSI
Ruben Sanadi tengah mengeksekusi bola melawan Bali United Copyright: PSSIRuben Sanadi tengah mengeksekusi bola melawan Bali United

Jika Yustinus Pae berposisi sebagai bek kanan, Ruben Sanadi merupakan bek kiri yang memang sudah senior karena berumur 32 tahun. Saat ini ia bermain bersama Persebaya dan pada partai terakhir bersama Bajul Ijo ia mampu menyumbangka satu assist kepada pemain Papua lainnya Osvaldo Haay saat menghadapi PSIS Semarang.

Kapten Persebaya ini sudah delapan kali membela Timnas sepanjang karirnya. Di era Simon McMenemy ia kembali dipanggil karena penampilan impresifnya bersama klub asal Ibukota Jawa Timur sejak musim lalu.

3. Arthur Bonai

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang PSIS, Arthur Bonai saat berebut bola dengan pemain Kalteng Putra dalam laga perdana Shoope Liga 1 2019. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTGelandang PSIS, Arthur Bonai saat berebut bola dengan pemain Kalteng Putra dalam laga perdana Shoope Liga 1 2019.

Pemanggilan pemain PSIS Semarang ini awalnya cukup mengejutkan saat ia termasuk salah satu pemain yang mengikuti pemusatan Timnas di Perth beberapa waktu lalu. Namun setelah melihat penampilannya bersama Laskar Mahesa Jenar sejauh ini, ia memang nampak mengisi pos lini tengah skuat Garuda.

Musim lalu ia bermain bersama Perseru Serui dan menyandang ban kapten. Simon McMenemy yang memantau sang pemain membuat ia kembali dipanggil walaupun banyak nama besar lainnya di kalangan pesepak bola Indonesia saat ini.

4. Yanto Basna

© Facebook/Sukhothai FC
Yanto Basna saat akan memasuki lapangan bersama timnya Sukhothai FC Copyright: Facebook/Sukhothai FCYanto Basna saat akan memasuki lapangan bersama timnya Sukhothai FC

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini merupakan pemain asal Papua yang usianya paling muda diantara seniornya yang mendapat panggilan Simon McMenemy. Saat ini pemain berusia 24 tahun tersebut bermain bersama Sukhothai FC di kasta tertinggi sepak bola Thailand.

Walaupun sejauh ini masih belum mendapat utama bersama klubnya, namun nama Yanto Basna tetap menjadi pilihan di lini belakang Timnas Indonesia bersama pemain muda lainnya seperti Hansamu Yama atau Ricky Fajrin untuk berkolaborasi dengan bek senior seperti Achmad Jufriyanto dan Ricardo Salampessy.