Liga Inggris

Liverpool dan Manchester United Kompak Tanpa Hasil VAR Musim Depan, Kok Bisa?

Kamis, 6 Juni 2019 11:25 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Klub sepak bola Liverpool dan Manchester United tidak dapat menampilkan hasil keputusan dari Video Assistant Referee (VAR) di stadion mereka pada musim depan. Copyright: © INDOSPORT
Klub sepak bola Liverpool dan Manchester United tidak dapat menampilkan hasil keputusan dari Video Assistant Referee (VAR) di stadion mereka pada musim depan.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Liverpool dan Manchester United tidak dapat menampilkan hasil keputusan dari Video Assistant Referee (VAR) di stadion mereka pada musim 2019/20 mendatang. 

Dilansir dari laman berita olahraga Sky Sports, hanya kandang Liverpool (Anfield) dan Manchester United (Old Trafford) yang tidak mempunyai layar lebar di dalam stadion. Oleh karena itu, untuk saat ini, para fans tidak bisa menyaksikan secara langsung saat wasit menggunakan VAR.

Walaupun begitu, para fans yang hadir di Stadion Anfield atau Old Trafford tetap mendapatkan penjelasan keputusan VAR yang diambil wasit. Keputusan VAR akan ditampilkan di layar skor serta diumumkan oleh perangkat pertandingan.

"Liga Primer Inggris akan menggunakan layar lebar didalam stadion untuk menampilkan hasil VAR di dalam sebuah pertandingan," tulis pernyataan resmi Liga Primer Inggris.

"Hal itu dilakukan agar para fans yang hadir didalam stadion bisa mengetahui kenapa VAR dilakukan dan otoritas Liga akan melakukan evaluasi tentang video yang sudah ditampilkan di layar besar lewat sebuah aplikasi khusus,"

"Bagi klub yang tidak memiliki layar lebar di stadionnya, maka keputusan VAR akan diumumkan oleh perangkat pertandingan dan akan dijelaskan dengan grafis di papan skor yang ada." jelas Otoritas Liga paling kompetitif didunia tersebut.

VAR diijinkan untuk digunakan jika dalam sebuah pertandingan terdapat beberapa insiden yang membutuhkan pengamatan lebih seperti gol, penalti, pelanggaran yang menyebabkan kartu merah langsung, dan pelanggaran-pelanggaran yang kontroversial.

Beberapa liga di Eropa sudah banyak yang menggunakan VAR sejak musim lalu, seperti Serie A Italia, Liga Spanyol, dan Liga Jerman. Musim depan Liga Primer Inggris secara resmi akan menggunakan VAR dalam sebuah pertandingan.

Namun, kebijakan menampilkan hasil VAR ke layar lebar seperti yang akan diterapkan Liga Primer Inggris ini menuai sedikit kontroversi, karena hal itu akan membuat fans bingung.