Bola Internasional

Yordania vs Timnas Indonesia: Rekor Buruk Kontra Tim Timur Tengah Jadi Ancaman

Senin, 10 Juni 2019 14:26 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Ucapan terima kasih pemain Timnas Indonesia untuk para suporter yang hadir SUGBK usai tundukan Timor Leste. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Ucapan terima kasih pemain Timnas Indonesia untuk para suporter yang hadir SUGBK usai tundukan Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Jelang pertandingan persahabatan antara Yordania vs Timnas Indonesia pada Selasa (11/06/19) mendatang, skuat Garuda tengah dihantui rekor buruk saat berhadapan dengan tim sepak bola asal Timur Tengah.

Laga yang berlangsung di Stadion Amman International tersebut, akan menjadi persiapan Timnas Indonesia jelang tampil di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, sekaligus momen untuk memperbaiki peringkat skuat Merah-Puth di ranking FIFA.

Saat ini Timnas Indonesia berada pada ranking 159 FIFA per tanggal 4 April 2019, sedangkan Yordania yang menjadi lawan berada 62 tingkat lebih baik di atasnya.

Berkaca pada ranking FIFA terakhir kedua kesebelasan, jelas Timnas Indonesia bakal sedikit kesulitan untuk meraih kemenangan, terlebih jika melihat rekam jejak Timnas saat berhadapan dengan tim-tim sepak bola asal Timur Tengah.

Tercatat terakhir kali Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan melawan negara Timur Tengah terjadi pada 12 tahun lalu, tepatnya pada gelaran Piala Asia 2007.

Saat itu Indonesia yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan berhadapan dengan Bahrain di babak penyisihan Grup D, Selasa 10 Juli 2007 di stadion Gelora Bung Karno.

Tampil dengan dukungan penuh para suporter membuat penampilan Bambang Pamungkas dan kolega menggila, bahkan Budi Sudarsono berhasil mencetak gol lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 14 menit.

Bahrain sempat menyamakan kedudukan hingga babak pertama berakhir, namun selepas jeda Bambang Pamungkas membuat seisi stadion bergemuruh dengan gol yang ia cetak. Timnas pun mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1.

Sayangnya kemenangan kontra Bahrain tersebut menjadi yang terakhir bagi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan tim sepak bola asal Timur Tengah sampai saat ini.

Total sampai tahun 2014 lalu, Timnas Indonesia telah berhadapan dengan 12 tim asal Timur Tengah dan mirisnya selalu berakhir dengan kekalahan, bahkan tak pernah imbang.

Menariknya lagi, Bahrain yang sempat dipecundangi Garuda di Piala Asia 2007 silam mampu mencukur Timnas sampai 10-0, pada gelaran kualifikasi Piala Dunia tahun 2012 lalu.

Lebih lengkapnya berikut rekor pertemuan terakhir Timnas Indonesia kontra tim Timur Tengah dalam 12 tahun terakhir:

  • Indonesia 2-1 Bahrain
  • Indonesia 1-4 Syiria
  • Indonesia 1-4 Iran
  • Qatar 4-0 Indonesia
  • Indonesia 2-3 Qatar
  • Indonesia 0-2 Bahrain
  • Iran 3-0 Indonesia
  • Bahrain 10-0 Indonesia
  • Yordania 5-0 Indonesia
  • Indonesia 0-2 Irak
  • Indonesia 1-2 Arab Saudi
  • Irak 1-0 Indonesia
  • Arab Saudi 1-0 Indonesia

Meski dihantui rekor buruk, namun bukan berarti Timnas Indonesia tak memiliki peluang untuk meraih kemenangan dalam laga kontra Yordania nanti.

Sebab tim lawan tengah dalam tren negatif usai tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir, bahkan dalam laga teranyarnya mereka dicukur Slovakia dengan skor 5-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%