Bola Internasional

Bakal Tampil di Piala AFF 2020, India Ternyata Pernah Jadi Bulan-bulanan Indonesia

Selasa, 11 Juni 2019 20:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© www.THE- AFC.com
Para pemain Timnas India merayakan gol mereka ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan pertama Piala Asia 2019. Copyright: © www.THE- AFC.com
Para pemain Timnas India merayakan gol mereka ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan pertama Piala Asia 2019.

INDOSPORT.COM - Timnas India disebut bakal mengikuti turnamen Piala AFF tahun 2020 mendatang. Meski dianggap sebagai lawan berat namun nyatanya India pernah jadi bulan-bulanan Timnas Indonesia.

Isu bergabungnya India ke AFF pertama kali muncul setelah Timnas sepak bola India tampil dalam turnamen King’s Cup 2019, dan berhasil mengalahkan tuan rumah Thailand dalam perebutan tempat ketiga pada 8 Juni 2019 lalu.

Kemenangan kontra Thailand itulah yang membuat netizen beranggapan jika India sangat layak bergabung ke federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF).

Sebagai catatan, India telah dua kali menaklukan Thailand di tahun 2019 ini. Yang pertama terjadi di ajang Piala Asia 2019, di mana Sunil Chhetri dan kawan-kawan unggul telak 4-1 atas skuat Gajah Putih.

Berbekal dua kali kemenangan dari pemegang gelar terbanyak Piala AFF, membuat netizen berkomentar di kolom laman berita FoxSport dan mendukung jika Timnas India bergabung ke AFF.

© Fox Sports Asia
Netizen mendukung Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia Copyright: Fox Sports AsiaNetizen mendukung Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia

Andai benar bergabung dan India dapat tampil di Piala AFF tahun 2020 mendatang, Timnas Indonesia tak perlu khawatir akan kekuatan wakil Asia Selatan tersebut.

Sebab sepanjang sejarah pertemuan antara India dan Indonesia, tim sepak bola berjuluk The Blue Tigers ini pernah menjadi bulan-bulanan skuat Garuda.

Tepatnya saat gelaran Piala AFC tahun 1996, dalam lanjutan babak penyisihan Grup 4 tersebut Timnas Indonesia berhasil mencukur India dengan skor 7-1.

Iriyanto, Widodo C Putra, dan Ansyari mencetak brace dalam laga tersebut serta sebiji gol dari Peri Sandria. Tak cuma pernah mencukur habis, Timnas Indonesia pun lebih unggul dengan mencatatkan 9 kemenangan dari 14 laga, sedangkan India hanya meraih lima kemenangan.