In-depth

Alisson vs Ederson, Mencari Kiper Nomor 1 Brasil di Copa America 2019

Rabu, 12 Juni 2019 14:03 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Agil Mubarok/INDOSPORT
Perbandingan Ederson Moraes vs Alisson Becker Copyright: © Agil Mubarok/INDOSPORT
Perbandingan Ederson Moraes vs Alisson Becker

INDOSPORT.COM - Brasil terkenal sebagai negara penghasil pesepakbola-pesepakbola terbaik dunia. Ronaldo, Romario, Ronaldinho, Pele, Roberto Carlos, Kaka sampai Neymar adalah sebagian nama pesepakbola terbaik yang pernah mereka miliki. 

Namun, jika bicara soal posisi kiper, maka pilihannya menjadi sedikit. Brasil pernah memiliki Claudio Taffarel (AC Parma) atau Nelson Dida (AC Parma), tetapi tak banyak lagi nama ikonik di sana. Setelah era Dida, tidak ada lagi kiper yang benar-benar menjadi ikon bagi Brasil. 

Barulah pada dua musim terakhir Brasil memiliki generasi emas di posisi kiper. Pada posisi ini Tim Samba dihuni dua nama besar yakni Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson (Man City).  

Kedua kiper ini sama-sama sedang ada di masa-masa puncak kariernya pada musim 2018/19. Alisson bersama Liverpool merengkuh gelar Liga Champions, sementara Ederson tampil prima bersama Man City merengkuh gelar Liga Inggris. 

Performa brilian keduanya membuat pelatih Tim Samba, Tite, memanggilnya ke Timnas Brasil untuk Copa America 2019. Sekarang pertanyaannya adalah, siapa di antara Alisson dan Ederson yang pantas menjadi kiper nomor satu di bawah mistar gawang Brasil?

Statistik

Kita mulai dari Ederson. Bersama Man City di Liga Primer Inggris, Ederson tampil di 38 pertandingan (full) dengan mencatatkan 20 clean sheets, 58 penyelamatan, dan 23 kali kebobolan. 

Ternyata, catatan Ederson ini masih kalah dengan Alisson. Bersama Liverpool, Alisson tampil di 38 laga dengan membuat 21 clean sheets, 76 penyelamatan, dan kebobolan 22 kali. 

Ada selisih delapan penyelamatan di antara keduanya. Dari sini bisa kita lihat bahwa Alisson cenderung lebih bekerja keras menyelamatkan gawangnya ketimbang Ederson sepanjang liga musim lalu. 

Walau kalah secara statistik dari Alisson, Ederson masuk ke dalam barisan PFA Team of the Year Liga Primer Inggris. 

Lalu, bagaimana dengan catatan di Timnas Brasil? Alisson yang setahun lebih tua dari Ederson memiliki karier yang lebih baik di Timnas Brasil. 

Terbukti, baru berusia 26 tahun, ia sudah mencatatkan 35 caps. Jumlah ini jauh dengan Ederson yang baru mencatatkan lima penampilan di tim nasional. 

Alisson pun menjadi favorit untuk menjadi kiper utama Brasil di kompetisi Copa America 2019 nanti. Namun, patut dicatat, Ederson mengalami pelonjakan penampilan yang cukup signifikan dalam beberapa waktu belakangan. 

Dari lima laga terakhir yang dilakoni Brasil, Ederson mendapatkan kesempatan dua kali tampil yakni saat imbang 1-1 melawan Panama dan menang 2-0 atas Qatar. 

Tite sepertinya ingin memberikan kesempatan agar Ederson merasakan atmosfer bertanding bersama rekan-rekannya jelang Copa America 2019. Jika bicara penampilan keseluruhan, Alisson, yang tampil hampir tak tergantikan di tahun 2018-2019 ini, sepertinya masih akan jadi pilihan utama lagi. 

Namun, terlepas dari 'persaingan' Alisson dan Ederson, Brasil patut bersyukur atas kehadiran kedua pemain tersebut. Ini menunjukkan bahwa Brasil tak hanya piawai dalam menghasilkan penyerang-penyerang top, tetapi juga posisi kiper. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%